Hiburan

Dimana Link Download Film Salisiah Adaik?

salisiah adaik

Film karya sineas muda minang Ferdinand Almi berjudul Salisiah Adaik masih terus diminati oleh publik Sumatera Barat dan warga Minang khususnya. Tiga tahun berlalu sejak pemutaran perdana banyak yang belum menonton film tersebut.

Salah satu hal yang paling sering ditanyakan oleh publik terutama pengguna media sosial adalah dimana link download film salisiah adaik. Menjawab hal tersebut sutradara Salisiah Adaik Ferdinand Almi pun angkat bicara.

Menurut Ferdinand Almi tidak ada link download film salisiah adaik karena memang film tersebut tidak pernah diupload ke situs manapun. Hal ini dilakukan agar film tersebut tidak disebar begitu saja atau dengan kata lain dibajak.

Baca Juga: 10 Fakta Film Salisiah Adaik Yang Belum Banyak Diketahui Orang

“Film Salisiah Adaik tidak pernah diupload ke dunia maya. Jadi mustahil ada link download film salisiah adaik,” kata Ferdinand Almi saat kami hubungi.

Pertanyaan lainnya yang sering dilontarkan oleh mereka yang ingin menonton film Salisiah Adaik adalah “Adakah film Salisiah Adaik dalam bentuk DVD?” Jawabannya masih sama yaitu tidak ada.

Menurut Ferdinand Almi ia tidak menjadikan film Salisiah Adaik ke dalam bentuk DVD karena alasan pembajakan. “Ketika sudah menjadi DVD, kemudian disebar tidak ada jaminan bahwa tidak akan ada orang yang akan mengkopinya lalu membagikannya,” kata Ferdinand Almi.

Baca Juga: Film Salisiah Adaik Dinobatkan Sebagai Film Daerah Terpilih Piala Maya 2014

Disinggung mengenai distribusi film Salisiah Adaik di bioskop Ferdinand Almi membeberkan beberapa kendala yang dihadapinya. Salah satunya mengenai dana distribusi untuk film ini ke bioskop.

“Untuk mendistribusikan film ini ke bioskop tidaklah gampang. Dibutuhkan lagi dana untuk membuat film ini ke dalam format Digital Cinema Package atau DCP,” kata Ferdinand Almi.

Namun, meskipun terkendala dalam distribusi film Salisiah Adaik tetap mendapat tempat di hati masyarakat. Terbukti di setiap pemutaran film minang yang satu ini tidak pernah sepi penonton.

Baca Juga: Sutradara Salisiah Adaik Akan Luncurkan Film Drama Musikal Pertama di Sumbar

Film Salisiah Adaik sendiri pernah mengangkat nama Minangkabau di ajang nasional dengan menang dalam Festival Piala Maya 2014. Film ini mendapat penghargaan sebagai film daerah terbaik.

Apresiasi dari berbagai kalangan pun datang termasuk dari akedemisi Unand, Ibu Lindawati yang merupakan dosen Sastra Minang. Beliau menyatakan bahwa film Salisiah Adaik selain melestarikan budaya dalam bentuk digital juga merawat bahasa minang.

Nanti, malam Film Salisiah Adaik akan kembali diputar. Kali ini di Lapangan Merdeka Kota Pariaman dalam rangka memeriahkan pegelaran Pesona Hoyak Tabuik 2016. Jangan lupa untuk datang dan menonton langsung Film Salisiah Adaik.

Film Salisiah Adaik awalnya merupakan tugas semester Ferdinand Almi sewaktu kuliah di ISI Padang Panjang. Film ini begitu fenomal karena mengangkat masalah percintaan yang terhalang oleh adat.

To Top