Komunitas

Liburan Sambil Mendukung Program PBB, Gimana caranya?

Semua bermula dari ketertarikan Wicky Andromeda Mahasiswa jurusan Hukum di Universitas Andalas untuk menjadi anggota dari organisasi AIESEC. Andro begitu ia biasa dipanggil medaftarkan dirinya pada dua project yang diselenggarakan AIESEC yaitu Global Leader dan Global Citizen. Project pertama yag melakukan tes adalah Global Citizen ( atau sekarang dinamakan Global Volunteer) untuk menjadi AIESECer ( sapaan untuk anggota AIESEC ) ia harus menjadi volunteer untuk melakukan project sosial di luar negeri. Terdengar menyenangkan bukan? Hal ini lah yang membuat andro terus maju sampai ia terpilih untuk melakukan project sosial di Polandia.

Andro mendapatkan project sosial yang bernama “Get on Board on SDG # 4” yang dipegang oleh AIESEC Lodz. Proyek ini dimulai pada tanggal 7 Januari dan berakhir pada tanggal 17 februari. Project sosial yang dilakukan Andro berhubungan dengan kualitas pendidikan. sesuai namanya, project ini mendukung SDGs yang di gagas oleh PBB.

Sekilas tentang SDGs, SDGs ( suistanable development goals )  adalah gagasan atau program pembangunan dimana didalamnya terdapat 17 tujuan dengan 169 target yang akan dicapai pada tahun 2030 demi kehidupan dunia yang lebih baik.

Saat menginjakkan kaki pertama kali di Polandia, Andro tidak langsung melakukan project sosialnya Andro dan exchange participants ( orang yang melakukan exchange ) yang lainnya diberikan pengetahuan tentang AIESEC, Lodz, dan tentang budaya Polandia, melalui seminar yang diadakan oleh AIESEC Lodz. Mereka juga melakukan presentasi tentang negaranya masing-masing . Setelah semuanya jelas, mereka pergi ke tempat tinggal di lokasi yang berbeda-beda.

loading...

Andro melalukan Project sosial-nya dikota Lodz,salah satu kota yang cukup besar di Polandia. Pada minggu pertama Andro dan temannya Xian Lei ( China ) mengajar di sebuah sekolah di Lodz dan tidak jauh dari pusat kota. Mereka mengajar dan menunjukkan tentang budaya mereka kepada siswa Gimnazjum (SMP). Pada minggu kedua dan ketiga Andro mengajar di sebuah sekolah dasar, betapa menyenangkan mengajar sambil bermain bersama anak-anak itu, mereka sangatlah lucu dan bersemangat. Kemudian pada minggu ke 4, Andro mengajar di sebuah sekolah di sebuah kota bernama ozorkow. Jaraknya sekitar 45 menit dari Lodz ke utara. Di Ozworkow Andro juga mengajar di sebuah SMP dan banyak memiliki momen yang tak terlupakan.

Pada awalnya Andro tinggal disebuah asrama yang cukup tenang dan nyaman namun setelah  pergi ke Ozworkow ia tinggal bersama hostfamily, mereka sangat baik dan juga menyanyangi Andro seperti anak sendiri.

Banyak pengalaman tak terlupakan selama Andro melakukan project sosial ini, melalu ini Andro dapat belajar banyak seperti bisa lebih mandiri, bisa lebih toleran sama orang lain, dan lebih meningkatkan kerja sama dalam team. “Dengan mengikuti project sosial ini, saya belajar banyak hal berharga yang tidak dapat saya dapatkan di negara saya” ucap Andromeda Wicky. (rel)

Komentar

Trending

To Top
Loading...