Komunitas

PADANG GRAFFITI UNITED Sukses Gelar Paint Your City 4 di Kota Padang

Paint Your City

Kota Padang Dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dalam hal berkesenian visual dan salah satu yang terus berkembang dan terus berkibar adalah Street Art dan Typography, Street art merupakan budaya seni visual dari salah satu unsur skena musik Hiphop yang mungkin bagi sebagian orang awam dianggap vandalism / coret-coretan dan cenderung kegiatan yang negative.

Tapi ada dua komunitas yaitu Padang Graffiti United (PGU) dan Minang Typers yang menjadi wadah bagi mereka yang menyukai Visual Jalanan dan Typography di Padang secara khusus dan di Sumatera Barat secara umumnya yang kemudian berhasil membuktikan kecintaan mereka terhadap iklim berkesenian kota Padang yang dibalut dengan karya-karya menjadi menarik, positif dan edukatif.

Pertengahan April kemarin tepatnya tanggal 8 dan 9 April 2017, PGU berkolaborasi bareng MinangTypers mengadakan rangkaian acara bertajuk “PAINT YOUR CITY 4” Acara yang keberlangsungan pada kali keempat ini bertujuan untuk memperkuat kesadaran pelaku Street art dan berkesenian akan aktualisasi skena dan kotanya (Padang).

Acara tersebut berlangsung 2 hari dan bertempat di 2 lokasi yang berbeda, yakni Lalito Coffee & Bar dan Belakang Gedung Perairan Khatib Sulaiman didaulat sebagai bukti rekam jejak acara PAINT YOUR CITY 4. Pada hari pertama yang secara keseluruhan di Organize Komunitas Minang Typers, Sabtu (8/4/2017) dimulai pada pukul 16.00 , sesi diskusi & sketching bareng Jamal M. Aziz (@lapantigatiga).

loading...

Materi yang disampaikan mengenai “Menyampaikan Karya melalui Typography dan Mural”. Dalam kegiatan tersebut kurang lebih 50 orang hadir sebagai peserta. Pengunjung terdiri dari lintas disiplin ilmu yang berbeda namun memiliki kesamaan minat terhadap Berkesenian Typography dan Mural. Sesi diskusi tergolong sukses, beberapa pertanyaan disampaikan dan dijawab dengan diskusi yang santai. Sesi acara hari pertama ditutup dengan sketching bareng dengan tema “SatuKopi Satu Senyum”.

Pada event puncaknya yakni hari kedua dimulai pada pukul 7 Pagi Minggu (9/4.2017) di Belakang Gedung Perairan Khatib Sulaiman, berisi live perform 40 pelaku Street Art mulai dari 15 orang seniman local dari PADANG GRAFFITI UNITED, 16 Orang seniman Invitation (Undangan) terdiri dari 1 undangan dari Jerman, 4 Undangan dari Bukittinggi, Jakarta, Medan dan 9 orang Submission (Mengirimkan karya) yang telah diseleksi karyanya dari 80 karya yang sudah masuk ke emailnya Paintyourcity4@gmail.com.

Menurut Zikri Zeek selaku penyelenggara acara ini, secara keseluruhan acara PAINT YOUR CITY 4 sukses besar. “Kerjasama dari semua pihak dan mereka sangat antusias dalam menyambut acara ini. Selain itu bantuan dari pihak media partner dan sponsor juga terjalin maksimal, diharapkan acara ini menjadi pemicu untuk pelaku Street Art maupun seni yang berhubungan dengan ruang public lainnya untuk dapat memberikan sumbangsihnya terhadap kota Padang serta menjadi sarana edukasi bagi orang awam maupun penikmat seni tentang pergerakan dari teman-teman komunitas berkesenian kota Padang”.

Komentar

Trending

To Top
Loading...