Lifestyle

Anda Suka Kucing? Waspadai Penyakit Berikut Ini

kucing

Kucing adalah salah satu hewan yang banyak dijadikan sebagai salah satu hewan peliharaan favorit di rumah. Namun ternyata di balik kelucuan si kucing ada bahaya penyakit yang harus Anda waspadai.

Salah satu yang bisa menularkan penyakit pada kucing adalah bulunya. Karena parasit ataupun bakteri bisa menempel pada bulu kucing saat kucing bermain di lingkungan yang kotor.

Jika Anda memelihara kucing, berikut ini beberapa penyakit yang perlu Anda waspadai:

1. Penyakit Cakar Kucing (cat scratch disease).

Pada kucing, penyakit yang disebabkan oleh bakteri Bartonella henselae ini tidak menimbulkan gejala-gejala tertentu. Umumnya bakteri tersebut berpindah pada manusia melalui cakaran atau gigitan, namun tidak tertutup kemungkinan bakteri juga ditularkan ketika Anda mengelus bulunya kemudian menyeka bagian mata Anda menggunakan tangan yang sudah terkena bakteri.

Biasanya bakteri ini akan menimbulan benjolan kecil selama 10 hari yang diikuti gejala mual, muntah, demam dan beberapa gejala lainnya.

2. Kurap

Penyakit ini bisa menular melalui kulit atau bulu kucing. Untuk menghindarinya pastikan kucing Anda selalu bersih.

3. Alergi

Sebenarnya bulu tidak menjadi penyebab langsung dari reaksi alergi. Pada umumnya bahaya bulu kucing disebabkan oleh infeksi melalui air ludah, kulit, dan urine. Kenyataannya ketika kucing menjilat dirinya, bulunya akan terkena air ludah tersebut.

Reaksi alergi biasanya dapat menimbulkan rinitis alergi yang tampak seperti gejala flu.

Untuk menghindari terkena penyakit tersebut pastikan Anda selalu mencuci tangan setelah melakukan kontak dengan kucing. Selain itu penting untuk menjaga kebersihan lingkungan bermain, bulu serta cakar kucing Anda.

[divider]

Sumber: Alodokter

To Top