Lifestyle

Cegah Perut Kembung Dengan 5 Makanan Ini

perut-kembung

Perut kembung dan bergas menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Ada banyak penyebab timbulnya kembung pada perut, seperti faktor makanan, minuman ataupun kebiasaan. Perut Kembung bisa dicegah dengan beberapa jenis makanan berikut ini:

1. Nasi

Tidak hanya dari gas berlebih, perut kembung kadang ditimbulkan oleh makanan yang mengandung karbohidrat hanya dapat dicerna sebagian oleh perut. Nasi adalah jenis karbohidrat yang dapat dicerna secara penuh oleh pencernaan sehingga tidak memiliki potensi menimbulkan kembung.

2. Pisang

Kembung juga bisa dipicu oleh konsumsi garam yang berlebih. Konsumsi garam yang berlebih dapat mengganggu keseimbangan cairan dalam perut karena sifatnya yang menarik dan menyimpan air.

Jika merasa kembung setelah makanan yang bersifat asin maka bisa mengkonsumsi pisang sebagai penetralisir. Karena kandungan kalium dalam pisang mampu melawan efek dari garam tersebut.

3. Yogurt

Yogurt yang tepat adalah yang mengandung lactobacillus dan bifidobacterium (bakteri baik). Bakteri baik ini akan menjaga pencernaan dan mencegah kembung.

4. Timun

Timun memiliki efek natural untuk meratakan perut. Selain itu Timun memiliki kandungan air yang tinggi dan rendah serat. Selain bisa meredakan kembung, timun juga dapat menurunkan berat badan.

5. Pepaya

Sebuah studi tahun 2009 menunjukkan bahwa pepaya mentah mengandung getah putih yang dinamakan papain yang membuat buah jenis ini efektif menjadi laxative.

[divider]

Sumber: klikdokter

To Top