Lifestyle

Hati-Hati, Kebiasaan Ini Bisa Membuat Perut Kembung

perut-kembung

Perut kembung dan bergas menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Ada banyak penyebab timbulnya kembung pada perut, seperti faktor makanan, minuman ataupun kebiasaan. Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan perut kembung yang perlu Kamu ketahui.

1. Mengunyah Permen Karet

Banyak orang yang memang sangat suka mengunyah permen karet. Ada yang melakukannya karena ingin berhenti merokok ataupun melakukan program diet untuk mengurangi berat badan.

Tapi, efek lain dari permen karet adalah munculnya kembung pada perut, karena saat mengunyah permen karet kita jadi banyak menelan udara.

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan sering meminum air. Karena air dapat membantu saluran pencernaan terus bergerak dan menghilangkan kelebihan udara.

2. Makan Terburu-buru

Terkadang banyaknya pekerjaan atau padatnya jadwal membuat waktu kita menjadi pendek dan kita menjadi tergesa-gesa, termasuk saat makan.

Tapi, perlu Anda ketahui, makan dengan tergesa-gesa bisa menimbulkan kembung karena makanan yang kita makan tidak dikunyah dengan baik sehingga saat masuk perut potongan makanan tersebut terlalu besar dan membutuhkan waktu untuk dicerna.

3. Menggunakan Sedotan

Jika Anda minum, maka hindarilah minum menggunakan sedotan. Karena saat minum dengan sedotan maka Anda akan menarik udara tambahan ke dalam perut yang kemudian menyebabkan kembung.

4. Minuman Bersoda

Jika tidak ingin perut Anda kembung maka hindarilah minuman bersoda, karena gelembung udara di dalamnya menyebabkan kelebihan gas pada perut.

To Top