Profil

Tentang “Komunitas Gubuak Kopi” Solok

Komunitas Gubuak Kopi

Sejarah Singkat

Komunitas Gubuak Kopi didirikan oleh beberapa muda mudi asal Solok yang sekaligus teman seperkumpulan. Pada awalnya kami adalah sebuah kelompok mahasiswa yang kebingungan mencari aktivitas dikampung sendiri.

Sabtu Minggu (Dihari bebas kuliah kami) selalu menyempatkan untuk pulang (ke solok). Kata “Pulang” seakan tidak bisa dihindari. Ditemani cangkir kopi tanpa sadar kami telah mengoceh tentang banyak hal. Disini fakta hanya menjadi gunjingan belaka, ide-ide hebat belum juga menemui hasil, sering kali kami berkata bisa dan hanya bisa bicara saja. Intinya kami sadar Sabtu Minggu kami terbuang sia-sia.  Atas kesadaran ini munculah inisiatif dari kami Albert, Edho, dan Dian lalu kami mebicarkaanya dengan beberapa kawan lainya (Iyoih, Yudi puyuaq, Argie bagong, Rio puso, dan Relon) dan berdirilah komunitas Gubuak Kopi pada 1 Agustus 2011 lalu.

Komunitas Gubuak kopi saat ini adalah kelompok studi yang dikelola oleh beberapa mahasiswa asal Solok. Kalau orang lain melahirkan komunitas atas kesamaan aktivitas mereka,  maka kami hadir karena kesamaan tujuan. tujuan yang sederhana saja: menjadi orang lebih berguna. Maka kami menyusun tujuan tersebut menjadi beberapa misi: ikut menanggapi dan mencarikan solusi terhadap fenomena yang ada disekitar. Serta ikut mencerdaskan kehidupan sekitar.

Untuk mewujudkan misi tersebut kami menyusun beberapa program kerja diantaranya;

  • Berbagi senyum: program ini difokuskan pada bidang sosial. Disini komunitas berupaya untuk mendata, menanggapi, dan mencarikan solusi terhadap masalah sosial yang ada disekitar. Seperti menditribusikan bantuan, gotong royong, menjadi relawan dan lain-lain.
  • Ekspose Solok : Pada program ini komunitas berupaya dalam menggali potensi – potensi local yang ada di Kabupaten dan Kota Solok. Baik itu potensi Individunya, Sejarah, Seni, Budaya, dan keindahan local (pariwisata). Yang mana hasil dari kegiatan akan dipromosikan secara local, nasional, bahkan global.
  • Ilmu untuk semua : melalu program ini komunitas berupaya dapat medistribusikan ilmu pengetahuan secara gratis kepada masyarakat sekitar. Seperti mengadakan seminar, diskusi, penyuluhan dan peminjaman koleksi buku di komunitas.

Wilayah kerja pada langkah awal difokuskan pada wilayah dimana komunitas ini berkembang, yaitu Kabupaten dan Kota Solok, Sumatra Barat. Komunitas ini beranggotakan orang-orang dengan berbagai latar pendidikan dan wilayah domisili saat ini. Awalnya komunitas beranggotakan sebelas orang saja, namun setelah 4 (empat) bulan berdiri komunitas mendapat respon baik keinginan untuk bergabung dari teman-teman lainnya baik itu didalam maupun diluar Sumatra barat .

Angota saat ini yaitu; Albert Rahman Putra ( Ketua Umum), Argie Dwi Wahyudi, Angga Permana, Apri Yudhi, Fandi Edwardo, Frikel Adila, Oktario Putra, Yosalli, Yogi Okta, Yuyut Rima Jemira, Tiara Sasmita, Rivo F Siregar, Imam Taufik B, Relon Taufik, Koni Kurniawan, Iren Silvia, Deski Wiriyendra, Robbil Afri Yoga, Gebri Ela Melisa, Gina Rizki Indria.  (data 2011)

untuk struktur dan profil lengkap anggota klik disini

         

Nama “Gubuak Kopi”

Gubuak Kopi dibangun dari dua suku kata, yaitu Gubuak dan Kopi. Gubuak Di Minangkabau adalah semacam pondok sederhana yang digunakan para petani untuk beristirahat disela pekerjaan. Dalam bahasa Indonesia gubuak dapat juga diartikan Gubuk. Sedangkan kata Kopi adalah salah satu nama minuman yang cukup digemari di Minangkabu bahkan penduduk dunia.

Namun ketika kita berbicara masalah kopi, yang muncul difikiran kami secara umum adalah secangkir minuman hitam yang diminum pada suatu warung yang biasa disebut “kadai kopi”, disana berisi gelak tawa pada lelaki beserta curahan hatinya baik itu tentang masalah sosial disekitarnya bahkan rumah tangga.

Dari gabungan dua fenomena kata diatas  kami sedikit memplesetkan fenomena yang terjadi pada kedai kopi, tepatnya. Kedai diganti dengan gubuak, kami berharap selain tempat para muda mudi menyampaikan aspirasinya komunitas juga dapat menjadi tempat berteduh bagi mereka membutuhkan.

Blog Gubuak Kopi

Blog Gubuak Kopi hadir didasari atas gagasan tentang jurnalisme melalui media online. Dengan memanfaatkan media online, diharapkan informasi dan pengetahuan dapat disebarkan dengan efektif dan efisien ke seluruh pihak yang membutuhkan.  Jurnal ini berisikan tentang segala hal yang berkaitan dengan kegiatan kami di Komunitas, dan tulisan-tulisan, baik itu artikel, opini maupun esai, yang memuat pembahasan terkait Fakta tentang lingkungan sekitar.

 

 

Komunitas Gubuak Kopi saat kegiatan sosial di nagari Panyalai, Cupak, Kabupaten Solok.

Komunitas Gubuak Kopi saat kegiatan sosial di nagari Panyalai, Cupak, Kabupaten Solok.

Komunitas Gubuak Kopi saat berdiskusi bersama tokoh adat di Selayo

Komunitas Gubuak Kopi saat berdiskusi bersama tokoh adat di Selayo

Komunitas Gubuak Kopi saat meliput kegiatan ramadhan di nagari Guguak, Solok

Komunitas Gubuak Kopi saat meliput kegiatan ramadhan di nagari Guguak, Solok

 

 

Contact:
Email:  gubuakkopi@yahoo.com
Twitter: @gubuakkopi
Facebook: Komunitas Gubuak Kopi
Official blog  http://gubuakkopi.wordpress.com/
Jl. Lintas Sumatra Solok – Padang. No 107 kel. Bukit kili Barat, Kec. Kubung, Kab, Solok, Sumatra Barat.
kode pos: 27361

 

To Top