Sport

Clint Hendricks Juarai Etape VI Tour de Singkarak 2018 Rute Solok – Payakumbuh

Rute keenam Tour de Singkarak 2018 mengambil jalur dari Kota Solok menuju Kota Payakumbuh. Etape lanjutan setelah pada etape sebelumnya para pembalap sukses menaklukan rute Kab. 50 Kota – Kab. Pasaman sejauh 170,5 Km pada etape V.

Etape tersebut dimenangi oleh Clint Hendricks asal Afrika Selatan dari Bike Aid International Team Germany dengan catatan waktu 2 jam 33 menit 42 detik. Meskipun memenangkan pertandingan, yellow jersey masih belum menjadi milik Clint. Jesse Ewart dari Sapura Cycling Team Malaysia lah yang sampai saat ini masih menjadi pemegang jersey yang diberikan kepada pembalap terbaik sepanjang gelaran kompetisi ini.

Memulai balapan dari start list nomor 23, Clint Hendricks langsung menikung para pembalap yang berada di depannya sesaat memasuki daerah Tanah Garam yang berada di Kota Solok. Clint Hendricks tidak sendiri, di belakangnya sudah ada Edgar Nieto dan Bolor‐Erdene Enkhtaivan dari Ningxia Sports Lottery – Livall Cycling Team China yang siap mengambil alih posisi pertama.

Balapan mulai terasa berat ketika para rider melewati daerah Ombilin untuk menuju Kab. Batusangkar. Pendakian yang landai namun panjang harus ditempuh para pembalap untuk segera sampai ke titik finish di Ngalau Indah, Payakumbuh. Tidak banyak terjadi perubahan pada posisi pimpinan balapan etape ini karena 3 pembalap terdepan sukses menjaga jarak dengan peleton yang ada di belakangnya.

Balapan semakin intense ketika para pembalap memasuki Kota Payakumbuh. Jalanan utama Kota Payakumbuh dikebut oleh para rider untuk segera menyelesaikan race yang memiliki jarak 105 Km tersebut. Masyarakat yang memenuhi pinggiran jalan menuju Ngalau Indah juga tidak henti-hentinya memberikan dukungan kepada semua pembalap yang berpacu di depan mereka.

Clint Hendricks, Edgar Nieto, dan Bolor‐Erdene Enkhtaivan sukses mempertahankan posisi mereka hingga garis finish. 3 pembalap tersebut menorehkan catatan waktu yang sama, yaitu 2 jam 33 menit 42 detik. Meskipun memiliki raihan waktu yang sama, Clint Hendricks mendapatkan poin yang lebih tinggi dari pada Edgar Nieto dan Bolor-Erdene Enkhtaivan menurut catatan juri.

Clint Hendricks berdiri pada podium pertama, Edgar Nieto pada podium kedua, dan Bolor-Erdene Enkhtaivan harus puas pada podium ketiga untuk etape VI Tour de Singkarak 2018 rute Kota Solok – Kota Payakumbuh. Sedangkan untuk overall points, Jesse Ewart (yellow jersey), Oleksandr Polivoda (green jersey), Jonel Carcueva (red polka‐dot jersey), dan Muhammad Abdurrohman (red & white jersey).

Etape VII Tour de Singkarak 2018: Kompi Markas Padang Panjang (start), Simpang Delapan, RSUD Padang Panjang, Simp. Jao, Simp. Kubu Karambia, Dermaga Singkarak, Tanah Garam, Simp. Rumbio, Muaro Paneh, Bukik Sileh, Alahan Panjang, Muaro Labuh, Kantor Bupati Solok Selatan (finish)

 

To Top