Sport

Jay Dutton Dari St. George Continental Cycling Rajai Etape VII Tour de Singkarak 2018 Rute Padang Panjang – Solok Selatan

Etape ketujuh Tour de Singkarak 2018 hadir dengan tantangan baru yang harus dilewati oleh para pembalap yang masih tersisa pada ajang ini. Rute Padang Panjang – Solok ini merupakan rute yang dipenuhi dengan jalur yang curam, aspal yang tidak merata, dan pendakian yang cukup tinggi. Etape ini benar-benar memaksa pembalap harus bekerja keras untuk bisa melewati semua rintangan.

Rute ini merupakan rute terberat yang dilalui pembalap selama pelaksanaan Tour de Singkarak tahun ini. Setidaknya ada 4 pembalap yang tidak memulai start, tidak finish, dan didiskualifikasi dari etape ketujuh ini yang mana adalah rute terpanjang kedua pada pelaksanaan Tour de Singkarak tahun ini dengan jarak 194,4 Km.

Race dengan titik start yang berada pada Markas Kompi Padang Panjang tersebut diikuti oleh 80 pembalap dari 12 negara yang ikut bagian pada Tour de Singkarak tahun ini. Jumlah ini berkurang 3 rider karena pada etape sebelumnya, terdapat 83 pembalap yang melakukan sesi sign on dan siap bertanding. Bendera start dikibarkan tepat pada pukul 09.00 WIB dan para pembalap langsung bergerak menuju Pasar Singkarak melalui Pintu Gerbang Kota Padang Panjang setelah keluar dari neutral zone.

Para pembalap bergerak kencang menyusuri daerah Sumani menuju area Pasar Kota Solok sebelum memasuki daerah Bukik Sileh yang berada pada ketinggian 1516m diatas permukaan laut. Daerah Bukik Sileh yang memiliki pendakian yang curam dan landai tersebut membuat beberapa pembalap kesulitan dan tidak sanggup untuk melanjutkan balapan.

Setelah melewati Bukik Sileh, para pembalap disuguhkan dengan pemandangan nan indah dari Danau Kembar yang berada di Kab. Solok. Keindahan Danau Di Ateh dan Danau Di Bawah tersebut pastinya memperkuat kesan bahwa Tour de Singkarak bukan hanya soal balapan sepeda, tetapi juga pengenalan wisata alam yang ada di Sumatera Barat. Hal ini diharapkan bisa mendatangan turis mancanegara untuk datang berkunjung ke Ranah Minang.

Rombongan pembalap saling mengejar di etape 7 Tour de Singkarak 2018

Jay Dutton dari St. George Continental Cycling Team Australia keluar sebagai pembalap pertama yang melintasi garis finish dengan catatan waktu 5 jam 8 menit 21 detik, bersamaan dengan peraih podium kedua, Oleksandr Polivoda. Keduanya finish dengan waktu yang sama, namun poin dari commissaire (juri) yang harus membuat Oleksandr Polivoda puas di posisi kedua. Podium ketiga diambil oleh Thanakhan Chaiyasombat asal Thailand dari Thailand Continental Cycling Team dengan raihan waktu 5 jam 9 menit 43 detik, terpaut 1 menit 22 detik dari sang pemimpin etape.

Etape VIII Tour de Singkarak 2018: Kompi Markas Padang Panjang (start), Simpang Delapan, RSUD Padang Panjang, Simp. Jao, Simp. Kubu Karambia, Dermaga Singkarak, Tanah Garam, Simp. Rumbio, Muaro Paneh, Bukik Sileh, Alahan Panjang, Muaro Labuh, Kantor Bupati Solok Selatan (finish)

To Top