Sport

Jesse Ewart Menangi Etape III Tour de Singkarak 2018 Rute Singkarak – Tanah Datar

Tour de Singkarak 2018 sudah menyelesaikan etape ketiga dari rentetan delapan etape yang digelar pada tahun ini. Rute Singkarak – Tanah Datar yang mempertontonkan hamparan sawah dan Danau Singkarak nan cantik tersebut dijelajahi oleh 92 rider yang memulai balapan dari dermaga Danau Singkarak, Kab. Solok, tepat pada pukul 09.00 WIB. Pembukaan yang dihadiri langsung oleh petinggi pemerintahan Kab. Solok dan Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat berlangsung meriah dengan pemberian cinderamata kepada para perwakilan pembalap yang telah selesai melakukan sign on.

Bendera start diangkat dan para pembalap memulai balapan dengan mengitari daerah Danau Singkarak. Para pembalap melintasi daerah Saniang Baka, daerah yang masih memiliki banyak Rumah Gadang Minangkabau yang tertata dengan rapi disetiap sisinya. Meriahnya sambutan dari masyarakat setempat juga menambah hegemoni Tour de Singkarak 2018 yang sudah ditunggu-tunggu.

Setelah menyelesaikan loop pada area seputaran Danau Singkarak, para pembalap terus mendaki ke arah Paninggahan. Jalanan yang dipenuhi tikungan dan dikelilingi oleh pepohonan dan hamparan sawah tersebut menantang fisik dan mental para rider. Jesse Ewart dari tim Sapura Cycling Malaysia meraup poin tertinggi pada intermediate sprint yang berada pada kilometer 21,7 race yang berada pada daerah Malalo.

Rintangan King of Mountain dan Sprint dibabat habis oleh semua pembalap dan menghadirkan tontonan yang menarik bagi penonton yang sudah menanti di hampir semua pinggiran jalan yang dilalui. Menjelang garis finish yang berada di Istano Baso Pagaruyung, Jesse Ewart muncul sebagai pembalap pertama yang memasuki sesi loop 2 kali dan meninggalkan Edwin Arnulfo Parra Bustamante, Nikodemus Holler, Marcelo Felipe, dan Benjamin Dyball yang berpacu mengejar posisi pertama.

Potret salah satu pembalap yang bersiap-siap memulai balapan etape ketiga Tour de Singkarak 2018

Jesse Ewart berhasil mempertahankan posisi pertamanya dan menjadi juara pada etape ketiga Tour de Singkarak 2018 dengan raihan waktu 3 jam 41 menit 49 detik. Edwin Arnulfo Parra Bustamante dari tim Ningxia Sports Lottery-Livall Cycling Team China keluar sebagai juara kedua dengan catatan waktu 3 jam 43 menit 26 detik, tertinggal 1 menit 37 detik dari Jesse Ewart. Juara ketiga adalah Nikodemus Holler yang bergabung bersama Bike Aid International Germany dengan total waktu yang sama dengan Nikodemus Holler, namun poin dari juri lah harus membuat Holler puas di posisi ketiga.

Etape keempat dari Tour de Singkarak 2018 adalah rute Kota Padang – Kab. Agam dengan jalur Lapau Panjang Cimpago Pantai Padang (start) – Jl. S. Parman – Universitas Negeri Padang – Pasar Lubuk Buaya – Simpang Bandara Internasional Minangkabau – Simpang Patung Ikan Lubuk Alung – Bypass Pariaman – Sungai Garingging – Kantor Bupati Agam – Kelok 44 (finish di Hotel Nuansa Maninjau).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

To Top