Sport

[Liga 1] PSM Makassar Menang Tipis Atas Semen Padang FC di Laga Pembuka Shopee Liga 1 Indonesia

Bertandang ke Stadion Andi Matalatta, stadion kebesaran PSM Makassar, Semen Padang FC datang membawa 18 orang pemain dari Padang. Berambisi untuk bisa mencuri poin, punggawa Kabau Sirah harus menerima kenyataan ketika mereka harus kalah tipis atas tuan rumah dengan skor 1-0.

Bermain di bawah dukungan Maczman, pada awal babak pertama, PSM mencoba bermain dengan umpan-umpan panjang ke lini belakang Semen Padang FC mengingat mereka memiliki pemain-pemain berpostur tinggi di lini serang seperti Wiljan Pluim dan Eero Markkanen. Tidak hanya itu, 20 menit pertandingan di babak pertama, PSM Makassar menguasai lini tengah permainan, sementara Semen Padang FC tampak mengandalkan serangan balik.

Pada menit ke 24, Zulham Zamrun sukses menaklukan Teja Paku Alam dan membobol gawang Semen Padang FC. Berawal dari umpan lambung yang dilepaskan oleh Benny Wahyudi dari sisi kanan pertahanan Kabau Sirah, Zulham Zamrun sukses memanfaatkan peluang tersebut dengan heading terukur yang menghujam sisi kiri gawang Teja Paku Alam.

Setelah terjadinya gol tersebut, barisan pertahanan Semen Padang FC kembali digempur oleh serangan dari pasukan Juku Eja yang beberapa kali mendapat peluang lewat tendagan bebas dan umpan-umpan terobosan yang dilepaskan dari lini kedua mereka.

Teja Paku Alam terlibat duel dengan Eero Markkanen saat menepis umpan lambung ke tengah barisan pertahanan Semen Padang FC

Peluang emas Semen Padang FC untuk menyamakan kedudukan muncul pada akhir babak pertama lewat tendangan keras Irsyad Maulana dari luar kotak pinalti PSM Makassar. Tendangan tersebut masih bisa ditepis oleh Rivky Mokodompit yang menjaga gawang PSM Makassar dan hanya menghasilkan tendangan sudut untuk anak-anak asuh coach Syafrianto Rusli. Skor 1-0 bertahan hingga akhir babak pertama.

Mengawali babak kedua, Semen Padang FC langsung menerapkan skema menyerang lewat Irsyad Maulana yang melepaskan tendangan keras yang masih melambung di atas mistar gawang PSM Makassar. Tersentak dengan permainan menyerang tim Kabau Sirah, PSM Makassar langsung melancarkan serangan balasan.Pergerakan M. Rahmat, penyerang PSM Makassar, yang lolos dari jebakan offside membuat lini belakang Semen Padang FC keteteran. Sayang, usaha tersebut masih terlalu mudah untuk diamankan oleh Teja Paku Alam.

Jual beli serangan terjadi saat pertandingan sudah melewati menit ke 60. Tendangan keras Wiljan Pluim dan Guy Junior yang masih melebar di sisi kiri gawang Teja Paku Alam, tendangan dari luar kota pinalti yang dilepaskan oleh Shukurali Pulatov, serta solo run dan tendangan keras Dedi Hartono yang juga belum tepat sasaran, belum mampu mengubah papan skor di Stadion Andi Matalatta.

Menjelang akhir pertandingan, PSM Makassar menerapkan pola serangan dengan umpan-umpan terobosan yang selalu tepat di kaki penyerang mereka. Sayang, pergerakan pemain-pemain PSM Makassar bisa dibaca oleh Shukurali Pulatov dan Dedy Gusmawan yang kokoh menjaga barisan pertahanan Semen Padang FC.

Peluang menyamakan kedudukan kembali muncul pada menit ke 85 untuk Semen Padang FC. Umpan Boas Atururi yang melewati berisan pertahanan PSM gagal dimanfaatkan oleh M. Rifqi menjadi gol penyeimbang. Sontekannya melambung di atas mistar gawang PSM.

Tidak ada gol tercipta hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Skor 1-0 menjadi hasil dari pertemuan PSM Makassar dan Semen Padang FC di laga pekan pertama Shopee Liga 1 Indonesia 2019

 

PSM Makassar
Pelatih Darije Kalezic
Jersey : Merah – Merah – Merah

20. Rivky Mokodompit; 2. Aaron Evans, 28. Abd. Rahman, 32. Benny Wahyudi, 14. Asmawi Mangkualam Bahar; 10. Marc Anthony Klok, 19. Risky Pellu, 80. Wiljan Pluim (C), 7. Zulham Zamrun; 9. Eero Markkanen (61′), 11. M. Rahmat (75′).

Cadangan: 77. Hery Prasetyo; 16. Munhar, 26. Taufik Hidayat, 48. Arfan; 17. Rasyid Bakri (75′), 99. Saldi; 39. Guy Junior (61′).

Semen Padang
Pelatih: Syafrianto Rusli
Kostum: Kuning – Kuning – Kuning

12. Teja Paku Alam; 22. Agung Prasetyo, 90. Boas Atururi, 27. Dedy Gusmawan, 3. Shukurali Pulatov; 6. Fridolin Yoku, 19. Manda Cingi (39′), 31. Rosad Setiawan; 10. Dedi Hartono (84′), 9, Dany Karl Marx, 88. Isryad Maulana.

Cadangan: 21. Rendi Oskario; 55. M. Rifqi (39′), 44. Syaeful Anwar, 15. Leo Guntara; 18. Ronaldo Eko Julianto; 23. Firman Septian, 14. Risky Novriansyah (84′).

 

Stadion Andi Matalatta, Makassar, Sulawesi Selatan | Kick off: 20.30 WIB

To Top