Sport

[Liga 2] Semen Padang FC Melaju ke Semifinal Liga 2 Indonesia Usai Taklukan Kalteng Putra

Semen Padang FC keluar sebagai juara grup A di fase 8 besar Liga 2 Indonesia setelah menekuk Kalteng Putra dengan skor akhir 3-1 di GOR H. Agus Salim pada Senin, 19 November 2018. Semen Padang FC berhasil meraih 10 poin dari 6 pertandingan yang digelar selama babak 8 besar Liga 2 (3M, 1I, 2K).

Pertandingan berjalan dengan tempo cepat sesaat setelah wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan. Kedua tim berupaya meraih gol cepat dengan memainkan bola-bola panjang dari lini belakang langsung ke lini depan. Semen Padang FC menyerang barisan pertahanan lawan lewat tendangan Leo Guntara dan heading Riski Novriansyah.

Pola serangan dari sisi sayap lalu diakhiri dengan umpan lambung yang dipraktekan Semen Padang FC sudah bisa dibaca oleh tim lawan dan selalu gagal. Terus gagal saat menyerang, ternyata Kalteng Putra lah yang lebih dulu bisa mencetak gol pada pertandingan ini.

Kalteng Putra yang melakukan counter attack pada menit ke 30 sukses mengobrak-abrik barisan pertahanan Semen Padang FC. Bek Semen Padang FC yang sudah out of  position membuat Beni Oktovianto dengan mudah melepaskan umpan terukur yang langsung disambut dengan sundulan I Made Adi Wirahadi yang mengarah ke tiang jauh gawang Rendy Oscario. Papan skor berubah menjadi 0-1 untuk tim tamu.

Coach Syafrianto Rusli melakukan pergantian pemain dengan menarik Fridolin Kristof Yoku pada menit ke 43 dan memasukkan Elthon Maran untuk menambah daya gedor anak asuhnya. Yoku sendiri nampak flop pada pertandingan ini. Menjelang akhir babak pertama, wasit memberikan tambahan waktu 5 menit karena banyak terjadi kejadian yang mengulur waktu.

Aksi Leo Guntara saat berusaha menghindar dari hadangan pemain Kalteng Putra

Gol penyama kedudukan Semen Padang FC akhirnya hadir pada menit ke 50. Abdul Rahman Lestaluhu yang melakukan penetrasi ke jantung pertahanan Kalteng Putra dijatuhkan di dalam kotak pinalti membuat wasit menunjuk titik putih. Manda Chingi sukses mencetak gol dan membuat papan skor kembali berubah menjadi 1-1. Babak pertama segera berakhir usai gol untuk Semen Padang FC tersebut.

Memasuki babak kedua, kedua tim semakin ngotot untuk kembali mencetak gol. Coach Kalteng Putra, Kas Hartadi, melakukan pergantian pemain pada menit ke 58 dengan menarik Wusono Budi Ugik dan memasukkan Michael Bonjozi Rumere untuk memperkuat lini tengah tim nya. Di menit ke 59, wasit kembali menunjuk titik putih karena terjadi handsball di dalam kotak pinalti Kalteng Putra.

Kejadian tersebut berawal saat Ngurah Nanak yang maju membantu serangan, melepaskan tendangan yang menyentuh tangan salah seorang pemain Kalteng Putra yang berusaha menahan bola. Manda Chingi yang kembali menjadi penendang sukses menyarangkan gol kedua untuk Semen Padang FC pada menit ke 66 dan membuat tim Kabau Sirah unggul 2-1.

Banyaknya kejadian yang mengulur-ulur waktu pada babak kedua kembali membuat wasit memberikan tambahan waktu yang panjang pada akhir babak kedua, 8 menit. Semen Padang FC kembali menambah keunggulan pada menit ke 93 lewat Riski Novriansyah yang melepaskan tendangan keras yang menghujam sisi kiri gawang Riki Pambudi. Peluit panjang wasit menutup pertandingan dengan skor akhir 3-1 untuk Semen Padang FC.

 

Line up Semen Padang FC vs Kalteng Putra

Semen Padang FC

21. Rendy Oscario; 28. Ngurah Nanak, 11. Hengki Ardiles (C), 5. Novrianto, 15. Leo Guntara; 6. Fridolin Kristof Yoku (43′), 19. Manda Chingi, 7. Rudi (88′); 10. Abdul Rahman Lestaluhu (68′), 91. Afriansyah, 14. Riski Novriansyah.

Cadangan: 20. Guntur Pranata; 32. Ahmad Mahrus Bahtiyar, 8. Apriyogi Yunespraga; 23. Firman Septian (68′), 37. Juan Revi Auriqto, 31. Rosad Setiawan (88′); 17. Elthon Maran (43′).

Kalteng Putra

25. Riki Pambudi; 32. Bhudiar Muhammad Riza, 16. Fandy Edy, 39. Hery Susilo, 87. Yericho Christiantoko; 7. Dadang Apridianto (C), 15. Firman Utina; 98. Beni Oktavianto (87′), 29. I Made Adi Wirahadi, 99. Kushedya Hari Yudo, 37. Wusono Budi Ugik Sugiyanto (59′).

Cadangan: 52. Ridho Fawzi Ilhami; 2. Crah Eka Angger Iswanto; 19. Dendi Agustan Maulana, 14. Michael Bonjozi Rumere (59′), 95. Moses Nasaret Romairo Banggo; 10. Eksel Timothy Joseph Runtukahu, 88. Siswanto (87′).

 

Stadion GOR H. Agus Salim, Padang | Kick off: Senin, 19 November 2018 pukul 16.00 WIB

 

Foto: Semen Padang FC via Instagram

To Top