Sport

[Liga 2] Semen Padang FC Menang Tipis 2-1 Atas PS Mojokerto Putra di Laga Pertama Babak 8 Besar Liga 2

Semen Padang FC memainkan laga pertama putaran 8 besar Liga 2 Indonesia sebagai tuan rumah melawan PS Mojokerto Putra pada Rabu, 24 Oktober 2018. Laga yang dihelat di GOR H. Agus Salim tersebut merupakan laga pertama setelah Semen Padang FC dan 7 tim lainnya memastikan diri lolos ke babak 8 besar. Dua rekrutan baru Semen Padang FC, Juan Revi dan Firman Septian, langsung diturunkan coach Syafrianto Rusli sebagai starting line up pada laga ini.

Semen Padang yang ingin mempertahankan tren positif saat berlaga di kandang, bermain menyerang sejak awal babak pertama. Duet Irsyad Maulana dan Riski Noriansyah selalu mencoba membongkar pertahanan lawan untuk mendapatkan gol cepat namun masih terbentur dengan ketatnya lini belakang lawan. PS Mojokerto Putra pun tidak mau selalu diserang oleh Semen Padang FC.  Beberapa kali tim asuhan Jamal Yastro mencoba melepaskan umpan lambung dari sisi kiri dan kanan pertahanan Semen Padang FC karena pertahanan berlapis yang diterapkan Ngurah Nanak dan kawan-kawan.

Juan Revi, pemain baru Kabau Sirah yang dipinjam dari Arema FC, memainkan peran sebagai gelandang bertahan yang berfungsi untuk memutus serangan lawan dari lini tengah. PS Mojokerto Putra membungkam pendukung Semen Padang FC yang memenuhi stadion GOR H. Agus Salim dengan mencetak gol pada menit ke 28 lewat Ricky Kambuaya. Solo run pemain kelahiran 1996 tersebut sukses melewati 3 orang pemain bertahan Semen Padang FC dan membobol gawang Rendy Oscario.

Semen Padang FC menyamakan kedudukan 6 menit berselang. Riski Novriansyah yang dijaga ketat oleh bek lawan, melepaskan umpan terukur kepada Manda Chingi. Manda Chingi yang tak terkawal melepaskan tendangan yang sukses merubah papan skor. Skor 1-1 bertahan hingga wasit Sigit Budiyanto meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama.

Diawal babak kedua, Semen Padang FC menguasai permainan dengan umpan-umpan pendek antar pemain di lini tengah. Beberapa kali Leo Guntara dan Rudi menyerang barisan pertahanan PS Mojokerto Putra lewat tendangan keras dari luar kotak pinalti dan heading yang masih bisa diamankan oleh Putut Wijiarto. Coach Syafrianto Rusli melakukan dua pergantian pemain sekaligus pada menit ke 59 dengan memasukkan Elthon Maran dan Rosad Setiawan menggantikan Juan Revi dan Rudi yang tampil spartan pada babak pertama.

Selebrasi pemain-pemain Semen Padang FC usai mencetak gol ke gawang PS Mojokerto Putra

Coach Jamal Yastro juga langsung merespon pergantian pemain Semen Padang FC dengan mengganti Salim Ohorella dengan Samsul Muhidin Pelu untuk menambah kekuatan di lini serang tim asuhannya. Ricky Kambuaya harus dihadiahi kartu kuning oleh wasit usai melakukan pelanggaran kepada Manda Chingi pada menit ke 74. Kejadian ini sempat membuat pertandingan harus dihentikan sementara oleh wasit karena terjadi adu mulut antar pemain di lapangan.

Gol kemenangan Semen Padang FC akhirnya hadir pada menit ke 82 lewat tendangan bebas langsung Leo Guntara. Pergerakan Elthon Maran di sisi kanan lapangan memaksa salah seorang pemain PS Mojokerto Putra melakukan pelanggaran. Tendangan bebas yang diambil oleh Leo Guntara langsung menembus gawang Putut Wijiarto dan membuat Semen Padang FC unggul 2-1.

Menjelang akhir pertandingan, kedua tim masih mencoba untuk mengubah kembali papan skor. Strategi pergantian pemain dicoba oleh kedua pelatih namun tidak mampu menambah gol. Skor 2-1 untuk Semen Padang FC bertahan hingga akhir pertandingan dan sementara Semen Padang FC mengantongi 3 poin penting di babak 8 besar Liga 2 Indonesia.

 

Line Up Semen Padang FC v PS Mojokerto Putra

Semen Padang FC

21. Rendy Oscario; 28. Ngurah Wahyu Trisnajaya, 11. Hengki Ardiles, 5. Novrianto; 15. Leo Guntara, 19. Manda Chingi, 37. Juan Revi, 7. Rudi, 23. Firman Septian; 88. Irsyad Maulana, 14. Riski Novriansyah

Cadangan: 20. Guntur Pranata; 32. Ahmad Mahrus Bahtiyar, 2. Ibrahim Sanjaya; 6. Fridolin Kristof Yoku, 31. Rosad Setiawan; 91. Afriansyah, 17. Eliazer Thoncy Maran

PS Mojokerto Putra

25. Putut Wijiarto; 28. Ade Christian Pratama, 26. Djayusman Triasdi, 2. Dwiyanto Susilo; 71. Andre Dio Milandar, 16. Finky Pasamba, 12. Haris Tuharea, 11. Indra Setiawan (C), 10. Ricky R. Kambuaya; 69. Derry Rachman Noor, 88. Salim Ohorella

Cadangan: 23. Adi Sutrisna; 6. Agus Prasetyo, 87. Dwi Yusuf Purnomo; 5. M. Rendra Teddy Wijanarko, 24. Zulkifli Nasela; 9. Krisna Adi Darma Tama, 20. Samsul Muhidin Pelu

 

Stadion GOR H. Agus Salim, 24 Oktober2018 pukul 15.30 WIB

To Top