Sport

[Liga 2] Semen Padang FC Pastikan Juara Grup Wilayah Barat Liga 2 Indonesia Usai Tundukkan Persis Solo

Semen Padang FC pastikan gelar sebagai juara grup wilayah Barat Liga 2 Indonesia usai kalahkan Persis Solo 1-0 di pekan ke 22 Liga 2 Indonesia. Hasil ini mengokohkan Semen Padang FC di peringkat 1 wilayah Barat, meninggalkan Persis Solo dan Persita Tangerang di peringkat 2 dan 3 dengan jarak 4 poin. Semen Padang FC sukses membalaskan kekalahan yang mereka terima saat menyambangi Stadion Manahan, Solo, di pekan awal Liga 2 Indonesia.
Bermain di bawah kondisi hujan dan lapangan yang becek, Semen Padang FC mendominasi babak pertama dengan serangan dari sisi sayap yang sudah menjadi pakem permainan tim Kabau Sirah. Kombinasi serangan Irsyad Maulana, Elthon Maran, dan Riski Novriansyah selalu merepotkan lini belakang Persis Solo dengan melepaskan tendangan-tendangan keras dari luar kotak pinalti dan heading yang tepat ke arah gawang Persis Solo. Sayang, serangan-serangan tersebut masih bisa dipatahkan barisan pertahanan lawan.

Pada awal babak pertama, Semen Padang FC sudah langsung menyerang lewat Irsyad Maulana yang menusuk dari sisi kiri pertahanan Persis Solo. Tendangan Irsyad Maulana masih bisa diamankan kiper Persis Solo. Pemain-pemain Semen Padang FC yang menguasai pertandingan silih berganti menyerang lewat sisi kiri dan kanan pertahanan lawan. Hanya saja serangan-serangan tersebut masih bisa dimentahkan oleh barisan pertahanan Persis Solo yang dikomandoi langsung oleh sang kapten yang berada di bawah mistar gawang, Galih Sudaryono.

Persis Solo tidak hanya diam saat dibombardir barisan penyerang Semen Padang FC. Beberapa kali Persis Solo mencoba melawan dengan umpan 1-2 yang membahayakan gawang Rendy Oscario. Persis Solo memanfaatkan serangan balik cepat yang biasanya muncul saat Semen Padang FC gagal membangun serangan. Aliran bola Semen Padang FC yang terputus membuat lini tengah dan depan Persis Solo bergerak cepat melepaskan umpan panjang dan dilanjutkan dengan umpan 1-2 antar pemain. 3 bek Semen Padang FC pun sering tertinggal saat Persis Solo membangun serangan.

Tidak ada gol tercipta meskipun Semen Padang FC selalu menyerang. Percobaan demi percobaan yang dilakukan Semen Padang FC selalu bisa dipatahkan barisan pertahanan lawan. Hal ini membuat anak asuh coach Syafrianto Rusli terlihat frustrasi untuk mencari celah untuk merubah papan skor. Skor 0-0 bertahan hingga wasit Khalid Al Makmum asal Nanggroe Aceh Darussalam meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama.

Semen Padang FC akhirnya bisa merubah papan skor di menit ke 50 lewat heading Riski Novriansyah. Elthon Maran sukses melepaskan umpan lambung dari sisi kiri pertahanan Persis Solo dan langsung disambut oleh sundulan Riski Novriansyah dan membuat Semen Padang FC unggul. 4 menit berselang, Rudiana hampir saja membobol gawang Semen Padang lewat heading menerima tendangan pojok, sayang masih melebar dari gawang Rendy Oscario.

Selebrasi Riski Novriansyah usai mencetak gol ke gawang Persis Solo

Coach Syafrianto Rusli merotasi pemainnya pada menit ke 56 dengan memasukkan Afriansyah dan Ahmad Mahrus Bahtiyar menggantikan Elthon Maran dan Ngurah Nanak. Salah satu pemain Persis Solo, Rudiyana, sepertinya tidak bisa berhenti menyerang gawang Rendy Oscario. Beberapa kali tendangan dan sundulan yang ia dapatkan selalu membahayakan gawang Semen Padang FC.

Pada menit 66′, bek Persis Solo, Ikhwan Ciptady Muhammad, harus menerima kartu kuning dari wasit usai melanggar Ibrahim Sanjaya. Pergerakan Ibrahim Sanjaya yang liar membuat Ikhwan Ciptady harus menghentikan laju pemain yang mengisi posisi sebagai bek kiri tersebut dengan melakukan tackling.

Agus Yuwono, coach Persis Solo, melakukan pergantian pemain untuk merubah permainan anak asuhnya, Eli Nasoka ditarik keluar dan diganti dengan Abdul Rahman Abanda. Begitu juga dengan Semen Padang FC yang melakukan pergantian pemain kedua dimana Fridolin Kristof Yoku masuk menggantikan Rudi yang terlihat sudah kehabisan tenaga.

Beberapa kali Irsyad Maulana melepaskan tendangan dari luar kotak pinalti Persis Solo namun tendangan keras tersebut masih bisa diblok pemain-pemain bertahan lawan. Pada menit 83′, tim tamu kembali melakukan pergantian pemain. 2 orang pemain langsung diganti oleh Agus Yuwono untuk bisa mengejar ketertinggalan atas tuan rumah. Rudiyana dan Dedi Cahyono ditarik keluar, Arif Yanggi Rahman dan Bayu Andra Cahyadi masuk.

Skor 1-0 bertahan hingga akhir babak kedua. Tidak ada peluang emas yang mampu dijadikan gol oleh kedua tim meski sudah ditambah dengan 3 menit injury time. Semen Padang FC meraih 3 poin penting di laga terakhir wilayah Barat Liga 2 tersebut.

 

Line Up Semen Padang FC vs Persis Solo

Semen Padang FC

21. Rendy Oscario; 28. Ngurah Wahyu Trisnajaya, 11. Hengki Ardiles (C), 2. Ibrahim Sanjaya, 5. Novrianto; 19. Manda Chingi, 31. Rosad Setiawan, 7. Rudi; 17. Elthon Maran, 88. Irsyad Maulana, 14. Riski Novriansyah

Cadangan: 24. Achmad Iqbal Bachtiar; 32. Ahmad Mahrus Bahtiyar; 6. Fridolin Kristof Yoku; 10. Abdul Rahman Lestaluhu, 9. M. Gugum Gumilar, 18. Ronaldo Eko Juliyanto

Persis Solo

1. Galih Sudaryono; 5. Asyraq Gufran Rachmadan, 41. Dedi Tri Maulana, 44. Ikhwan Ciptady Muhammad, 13. Soni Setiawan; 18. Dedi Cahyono, 8. Eli Nasoka, 31. Heru Setyawan, 14. Oky Derry Andryan; 20. Johan Yoga Utama, Rudyana

Cadangan: 67. Andri Prabowo; 4. Absor Fauzi; 94. Arif Yanggi Rahman, 26. Bayu Andra Cahyadi, 30. Dody Alfayed; 17. Abdul Rahman Abanda, 10. Tri Handoko Putro

 

Stadion GOR H. Agus Salim, kick off pukul 15.30 WIB

To Top