Sport

[Liga 2] Taklukan Semen Padang FC 0-2, PSS Sleman Kukuhkan Diri Sebagai Juara Liga 2 Indonesia 2018

Semen Padang FC dan PSS Sleman akhirnya bertemu di laga pamungkas Liga 2 Indonesia 2018. Partai final yang dihelat di Stadion Pakansari, Bogor, tersebut dipenuhi pendukung kedua tim yang datang dari Sleman (D.I.Y) dan Padang (Sumatera Barat). Pertandingan ini merupakan bonus karena kedua tim sudah dipastikan untuk promosi ke Liga 1 2019.

Laga penuh gengsi tersebut merupakan penutup dari semua rangkaian pertandingan Liga 2 Indonesia 2018. Sebelum laga final dimulai, Kalteng Putra sudah menyatakan diri sebagai tim ketiga yang promosi ke Liga 1 Indonesia musim depan setelah mengalahkan Persita Tangerang 0-2 di Stadion Pakansari.

Kedua tim memulai laga dengan permainan bola-bola pendek antar lini yang biasanya diawali dari lini tengah. Lini kedua PSS ini selalu melepaskan umpan-umpan terobosan kepada Rifal Lastori yang memang biasa menusuk ke daerah pertahanan lawan lalu mengirimkan umpan kepada Christian Gonzales. Pola permainan tersebut membuat lini belakang Semen Padang FC keteteran untuk menjaga pemain-pemain PSS Sleman.

Semen Padang FC juga mencoba membangun serangan lewat lini tengah lewat Rudi dan Manda Chingi namun usaha tim Kabau Sirah tersebut selalu kandas saat memasuki kotak 16 pertahanan PSS Sleman. Serangan-serangan Semen Padang FC lewat Irsyad Maulana dan Afriansyah pun mudah diamankan oleh kiper PSS Sleman, Ega Rizky Pramana.

Suporter PSS Sleman bersorak di menit ke 17 saat Christian Gonzales berhasil mencetak gol ke gawang Semen Padang FC. Pemain berusia 42 tahun tersebut sukses menyundul bola hasil umpan terukur Rangga Muslim dari sisi kanan pertahanan Semen Padang FC.

Sekitar 8 menit berselang, di menit ke 25, giliran Rifal Lastori yang mencatatkan namanya sebagai pencetak gol. Berawal dari bola rebound dari tendangan keras Dave Mustaine yang gagal diamankan dengan sempurna, Rifal Lastori muncul dan melepaskan tendangan yang tidak bisa dijangkau oleh Rendy Oscario. Skor menjadi 0-2 untuk PSS Sleman.

Semen Padang FC menutup perjalanan satu musim di Liga 2 Indonesia dengan gelar Juara 2

Semen Padang FC langsung merespon ketertinggalan tersebut dengan beberapa kali menyerang namun belum tepat sasaran. Coach Semen Padang FC, Syafrianto Rusli, melakukan pergantian pemain pada menit ke 40, mengganti Rudi dengan Firman Septian. Rudi tampak “kalah” dengan pemain-pemain lini tengah PSS Sleman. Skor 0-2 bertahan hingga akhir babak pertama.

Semen Padang FC kembali melakukan pergantian pemain saat memasuki babak kedua dimana Hengki Ardiles diganti dengan Ibrahim Sanjaya untuk memperkuat lini belakang. Pada menit ke 55, PSS Sleman lewat Rangga Muslim kembali membobol gawang Rendy Oscario, namun gol tersebut dianulit oleh wasit karena Rangga Muslim sudah terlebih dahulu berada pada posisi offside.

Beberapa kali Semen Padang FC mencoba untuk menyerang lewat tendangan first time Irsyad Maulana dan tendangan Riski Novriansyah namun masih bisa diamankan oleh kiper PSS Sleman. Tampak ada lubang di lini tengah Semen Padang FC yang membuat PSS Sleman bisa membangun serangan meskipun dalam keadaan tertekan oleh anak-anak asuh Syafrianto Rusli.

Semen Padang FC semakin gencar membangun serangan untuk mengejar skor dan waktu yang semakin menipis. Tendangan Irsyad Maulana, Leo Guntara, dan heading Novrianto masih belum bisa membuat gawang PSS Sleman bobol. Skor 0-2 bertahan hingga wasit Dwi Purba Adi Wicaksana asal Jawa Tengah meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

PSS Sleman keluar sebagai juara 1, Semen Padang FC harus puas menjadi juara 2, dan Kalteng Putra juara 3 Liga 2 Indonesia 2018. Ketiga tim ini sudah memastikan tempat di Liga 1 Indonesia musim depan dan tinggal menunggu tiga tim yang akan degradasi dari Liga 1 Indonesia musim ini.

 

Liga 2 Indonesia 2018

Juara 1: PSS Sleman mendapat bonus 1,5 Milyar Rupiah

Juara 2: Semen Padang FC mendapat bonus 1 Milyar Rupiah

Juara 3: Kalteng Putra mendapat bonus 500 Juta Rupiah

Best Player: Ichsan Pratama (PSS Sleman) mendapat bonus 150 Juta Rupiah

Top Scorer: Indra Setiawan 29 Gol (PS Mojokerto Putra) mendapat bonus 150 Juta Rupiah

 

Line Up Semen Padang FC vs PSS Sleman

 

Semen Padang FC

21. Rendy Oscario; 28. A.A Ngurah Wahyu Trisnajaya, 11. Hengki Ardiles (45′), 5. Novrianto, 15. Leo Guntara; 6. Fridolin Kristof Yoku, 19. Manda Chingi, 7. Rudi (40′); 91. Afriansyah (83′), 14. Riski Novriansyah, 88. Irsyad Maulana.

Cadangan: 20. Guntur Pranata; 32. Ahmad Mahrus Bahtiyar, 2. Ibrahim Sanjaya (45′); 23. Firman Septian (40′), 31. Rosad Setiawan; 10. Abdul Rahman Lestaluhu (83′), 99. Mardiono

PSS Sleman

21. Ega Rizky Pramana; 28. Aditya Putra Dewa, 25. Amarzukih, 55. Asyraq Gufran Rachmadan, 44. Ikhwan Ciptadi Muhammad, 3. Mohammad Bagus Nirwanto; 92. Dave Mustaine, 15. Rangga Muslim Perkasa; 10. Alfaro Gonzales Christian Gerard, 23. Ichsan Pratama (76′), 22. Rifal Lastori (63′).

Cadangan: 18. Yoewanto Setya Beni; 2. Akbar Zakaria, 31. Jodi Kustiawan; 87. M. Ilhamul Irhaz (76′), 8. Taufiq Febriyanto; 16. Qischil G Minny, 41. Slamet Budiyono (63′).

 

Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat | Kick off: 18.30 WIB

To Top