Sport

Minangkabau Cup Season 2018 Resmi Digelar Pada 15 Desember 2018

Turnamen sepakbola terbesar di Sumatera Barat, Minangkabau Cup, kembali digelar. Event sepakbola yang akan mempertandingkan tim dari kecamatan se- Sumatera Barat ini akan digelar pada 15 Desember 2018 hingga 23 Maret 2019 dengan melibatkan kurang lebih 5000 orang pemain, 1200 official tim, 180 pertandingan, dan durasi kompetisi selama 4 bulan.

Konferensi pers Minangkabau Cup 2018 yang digelar pada Sabtu, 27 Oktober 2018, bermaksud untuk memperkenalkan kompetisi ini kepada wartawan dan masyarakat Sumatera Barat hingga nantinya dapat memeriahkan event yang sudah berjalan 3 tahun ini. Pertemuan ini dihadiri oleh Ketua Umum Panitia Pelaksana Minangkabau Cup 2018, Sekjen Minangkabau Cup 2018, dan Ketua Asprov PSSI Sumatera Barat.

Jumpa pers Minangkabau Cup season 2018

Ketua umum panitia pelaksana Minangkabau Cup 2018, Tria Suprajeni, mengungkapkan “Desember nanti akan digelar kembali Minangkabau Cup season 2018 yang mana merupakan edisi ketiga dari pelaksanaannya. Turnamen ini seharusnya sudah bisa dimulai pada tanggal 8 Desember 2018 namun karena masih ada revisi dan teknis yang butuh persiapan lebih, kita menunda sedikit opening Minangkabau Cup hingga tanggal 15 Desember 2018. Ini merupakan bagian komitmen moral kami untuk terus menggelorakan kehidupan berolahraga, terutama sepakbola, di kalangan anak muda Ranah Minang di semua pelosok Sumatera Barat”.

Indra Dt. Rajolelo selaku Ketua Asprov PSSI Sumbar, mendukung terlaksananya kembali Minangkabau Cup 2018. “Sepakbola Sumatera Barat merupakan salah satu tanggung jawab dari Asprov PSSI Sumatera Barat. Turnamen seperti ini sangat mendukung program Asprov setelah sebelumnya ada Piala Soeratin dan kompetisi U-17. Kegiatan ini juga bermanfaat untuk melahirkan pemain-pemain baru yang bisa dikembangkan untuk sepakbola Nasonal. Ini momen yg sangat penting dan harus didukung bersama-sama agar event ini bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan misinya.

Hardimen Koto, salah satu panitia pelaksana juga menambahkan, “rata-rata tim yang ikut Minangkabau Cup setiap tahunnya kurang lebih ada 150 tim dari berbagai Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat. Kami juga berterima kasih kepada Asprov PSSI Sumatera Barat yang sudah membantu dengan memberikan surat rekomendasi kepada Askot dan Askab untuk mengikuti turnamen ini meskipun event ini tidak resmi dari PSSI Pusat.

Kompetisi ini menerapkan akan regulasi pemain muda. Semua tim akan mendaftarkan maksimal 22 pemain, dimana 19 orang pemain dari tim tersebut merupakan pemain tersebut maksimal berusia 21 tahun dan 3 orang pemain maksimal berusia 23 tahun. Kuota tim yang akan lolos ke putaran final Minangkabau Cup 2018 diperkirakan berkisar 32 tim dan akan dibagi menjadi 8 grup. Pelaksanaan babak semifinal dan final dari Minangkabau Cup akan diadakan di Kota Padang”.

Pada pembukaan turnamen Minangkabau Cup 2018, akan ada trofeo yang mempertemukan tim Minang Selections, Semen Padang All Star, dan Indonesia All Stars. Hal ini diharapkan bisa menambah hegemoni dari pelaksanaan Minangkabau Cup 2018 nantinya. Misi dari penyelenggaraan Minangkabau Cup ini adalah membantu Sumatera Barat melahirkan pemain baru yang mungkin bisa dimainkan untuk PORWil atau PON.

To Top