Sport

Oleksandr Polivoda Taklukan Rute Sawahlunto-Dharmasraya Pada Etape II Tour de Singkarak 2018

Etape kedua Tour de Singkarak 2018 digelar dengan semarak di Lap. Segitiga, Sawahlunto, dengan adanya perkenalan para beberapa rider peserta Tour de Singkarak 2018 kepada masyarakat kota Sawahlunto yang sudah ramai menanti event internasional tahunan ini. Jarak yang cukup jauh antara hotel tempat para pembalap menginap dan lokasi balapan tidak membuat para pembalap terlihat kelelahan saat melakukan sesi sign on sebelum memulai race.

Bendera start diangkat pada pukul 09.00 WIB dan pembalap memulai balapan etape kedua tersebut dengan menyusuri jalanan dari Lap. Segitiga – Padang Sibusuk – Tanjung Gadang – Koto Baru – Sitiung – Koto Salak – Sungai Rumbai – Pulau Punjung – Kantor Bupati Dharmasraya (finish). Rute pada etape kedua ini merupakan yang terpanjang pada gelaran Tour de Singkarak tahun ini, dimana berjarak 204,1 Km.

Baca juga: Pembalap Sepeda Asal Indonesia Keluar Sebagai Juara Etape I Tour de Singkarak 2018

Race yang berlangsung seru tersebut ternyata harus menyingkirkan 9 pembalap karena tidak bisa memulai start, didiskualifikasi, dan tidak mencapai garis finish. Diantara 9 pembalap tersebut, terselip 2 orang pembalap Indonesia yaitu Faujiansyah yang bergabung di tim Kyoto Sangyou University (Jepang) dan Abdul Gani dari tim KFC Cycling Team Indonesia yang harus tersingkir dikarenakan tidak mencapai garis finish dan tidak bisa memulai start.

Jawara Etape II (Sawahlunt0 – Dharmasraya) Tour de Singkarak 2018. Ki-Ka: Robert Muller, Oleksandr Polivoda, Ariya Phounsavath

Etape kedua ini menghadirkan juara baru. Pada etape I, gelar juara disabet oleh Jamilidin Novardianto asal Indonesia dari PGN Road Cycling Team. Kali ini, Oleksandr Polivoda lah yang mampu menyelesaikan rute Sawahlunto – Dharmasraya tersebut yang berjarak 204,1 Km. Rider asal Ukraina yang tergabung dengan Ningxia Sports Lottery-Livall Cycling Team China tersebut mampu menyelesaikan balapan dengan catatan waktu 4:47:30, hanya berjarak 00:03 dengan juara kedua Robert Muller asal Jerman dari Nex-CCN Team Laos yang menyusul dengan raihan waktu 4:47:33.

Podium ketiga direbut oleh Ariya Phounsavath asal Thailand yang tergabung di Thailand Continental Cycling Team dengan torehan waktu 4:47:33. Robert Muller dan Ariya Phounsavath sebenarnya memiliki catatan waktu yang sama, namun penilaian dari commissaire (juri) lah yang membuat peringkat mereka berbeda.

Etape selanjutnya, Etape ketiga, akan mengambil rute Kab. Solok – Kab. Tanah Datar yang akan dimulai di Dermaga Singkarak Saniang Baka – Batu Taba – Simpang Kubu Karambia – Simabur – Pasar Batusangkar – Gedung Indojalito – Gedung Nasional – Istano Basa Pagaruyuang (finish).

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

To Top