Sport

Semen Padang FC Takluk 0-1 Dari PSS Sleman di Laga Pertama Putaran Kedua Liga 1 Indonesia 2019

Semen Padang FC memulai putaran kedua Liga 1 Indonesia menjamu PSS Sleman di Stadion H. Agus Salim, Padang (13/9). Tim tamu menurunkan pemain-pemain terbaiknya seperti Jajang Sukmara, Ricky Kambuaya, dan Yevhen Bokhashvili. Berbanding terbalik dengan lawan, skuad besutan Weliansyah masih harus bermain tanpa penyerang murni karena belum “pulangnya” Karl Marx Barthelemy. Irsyad Maulana yang diplot menjadi tombak serangan tidak mampu berbuat banyak dalam menciptakan peluang atau mencetak gol pada pertandingan tersebut. Semen Padang FC harus tunduk 0-1 lewat gol yang dicetak oleh Mohammad Sidik Saimima pada menit ke 83.

Kedua tim memulai laga dengan tempo pelan, mencoba membuka ruang dan mengalirkan bola lewat lini tengah. Hingga menit ke 20, Semen Padang FC belum memainkan pola yang biasa dimainkan; menyerang dan membongkar pertahanan lawan lewat pemain sayap. Hal itu dikarenakan tidak bermainnya Dedi Hartono karena cidera dan digantikan oleh Apriogi Yunespraga. Pemain muda tersebut mengemban tugas berat yang ditinggalkan Dedi Hartono yang biasanya melakukan penetrasi ke lini pertahanan lawan.

Pada menit ke 36, Irsyad Maulana mencoba peruntungannya dengan melakukan tendangan keras dari luar kotak pinalti. Tendangan yang menyasar sudut kanan gawang Ega Rizky Pramana tersebut masih membentur gawang dan memantul keluar sehingga menggagalkan usaha pemain asli Sumatera Barat tersebut.

Hingga babak pertama berakhir, tidak ada peluang emas yang mampu diciptakan oleh kedua tim. Pertandingan terkesan monoton karena tim tuan rumah maupun tim tamu tidak menunjukkan pola permainan menyerang dari open play dan hanya memanfaatkan serangan balik.

Pemain bertahan Semen Padang FC, Leo Guntara, melindungi bola dari Jajang Sukmara ketika ikut membantu serangan tim Kabau Sirah

Semen Padang FC langsung melakukan pergantian pemain sebelum dimulainya babak kedua. Rosad Setiawan yang dianggap kurang berkontribusi pada pertandingan tersebut digantikan oleh pemain anyar Semen Padang FC yang direkrut dari Bhayangkara United, Flavio Beck Junior. Pemain yang baru mendarat di Kota Padang tersebut diharapkan bisa menjadi solusi di lini depan Semen Padang FC.

10 menit berjalannya babak kedua, Haris Tuharea berhasil membobol gawang TPA namun gol tersebut anulir karena sudah terperangkap offside terlebih dahulu. Berawal dari tendangan Yevhen Bokhashvili yang membentur tiang gawang Teja Paku Alam, Haris Tuharea berlari menyambar bola yang sudah lepas dari penjagaan. Wasit garis mengangkat bendera tanda terjadinya offside.

Ingin merubah jalannya pertandingan, pelatih Semen Padang FC, Weliansyah, kembali melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Marko Markus Kabiay menggantikan Irsyad Maulana yang cidera pada menit ke 66. Pemain yang baru direkrut dari Persewar Waropen pada jendela transfer tengah musim ini tersebut bermain di posisi gelandang untuk tim Kabau Sirah.

Dengan keluarnya Irsyad Maulana, Semen Padang FC praktis bermain tanpa pemain bertipikal menyerang hingga mengharuskan Flavio Beck Junior, Apriogi Yunespraga dan Boas Atururi berada di lini serang. Hingga 30 menit berjalannya babak kedua, trio baru ini belum bisa menciptakan peluang atau merubah papan skor untuk tim tuan rumah.

Pendukung tim tuan rumah tertunduk lesu pada menit ke 82. Berlari melewati barisan pertahanan Semen Padang FC, Irkham Zahrul Mila mengirimkan umpan terukur kepada Sidik Saimima yang berhasil membobol gawang Teja Paku Alam. Papan skor berubah 0-1 untuk tim “Elang Jawa”. Skor 0-1 bertahan hingga wasit Tabrani asal Jawa Timur meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

 

Line up Semen Padang FC vs PSS Sleman

Semen Padang FC

Coach: Weliansyah

Jersey: Merah – Merah

12. Teja Paku Alam; 22. Agung Prasetyo, 90. Boas Atururi, 27. Dedy Gusmawan (C), 55. Muhammad Rifqi (74′); 8. Apriogi Yunes Praga, 15. Leo Guntara, 19. Manda Cingi, 31. Rosad Setiawan (46′), 4. Yu Hyun Koo; 88. Irsyad Maulana (66′)

Cadangan: 21. Rendy Oscario; 13. Marko Markus Kabiay (66′), 26. Roni Rosadi, 3. Shukurali Pulatov, 44. Syaeful Anwar; 6. Fridolin Kristof Yoku (74′); 87. Flavio Beck Junior (46′)

PSS Sleman

Coach: Seto Nurdiyantara

Jersey: Putih – Putih

21. Ega Rizky Prama; 14. Alfonso de la Cruz Calero, 44. Ikhwan Ciptady Muhammad (C), 18. Jajang Sukmara; 88. Guilherme Felipe de Castro, 12. Haris Tuharea (82′), 11. Moh. Sidik Saimima, 15. Rangga Muslim Perkasa, 7. Ricky R Kambuaya (89′); 69. Derry Rachman Noor, 10. Yehven Bokhashvili (90′)

Cadangan: 34. Try Hamdani Goentara; 5. Asyraq Gufran Rachmadhan (90′), 31. Samuel Christianson Simanjuntak; 27. Irkham Zahrul Mila (82′), 6. Wahyu Sukarta (89′); 23. Arsyad Yusgiantoro

 

Stadion H. Agus Salim, Padang, Sumatera Barat | Kick off: 15.30 WIB

To Top