Sport

Semen Padang FC Takluk dari PS Tira Dengan Skor Tipis 1-2 di Leg I Babak 32 Besar Kratingdaeng Piala Indonesia 2018

Kratingdaeng Piala Indonesia 2018 kembali melanjutkan perjalanannya. Memasuki babak 32 besar, Semen Padang FC menjamu PS Tira pada leg pertama yang diadakan di markas tim Kabau Sirah, Stadion GOR H. Agus Salim, Padang, pada Jum’at, 25 Januari 2019.

Bermain dengan skuad yang dipenuhi dengan wajah-wajah baru, Semen Padang FC harus takluk 1-2 dari tim tamu. Hasil ini pastinya akan membuat langkah tim tuan rumah semakin berat. Semen Padang FC, yang pada saat ini dipegang oleh asisten pelatih Welliansyah karena sang pelatih kepala, Syafrianto Rusli, mengikuti pelatihan¬†lisensi pelatih AFC Pro ke Spanyol, harus bertarung mati-matian demi melanjutkan “cerita” mereka di Kratingdaeng Piala Indonesia 2018.

Pada awal babak pertama pertandingan, tim tuan rumah bermain baik dengan menyerang dari sisi kiri pertahanan lawan lewat M. Rifqi dan Afriansyah. Beberapa kali strategi ini berhasil memberikan peluang kepada Semen Padang FC lewat tendangan sudut namun belum mampu menghasilkan gol.

Tim tamu berhasil merobek gawang tim Kabau Sirah terlebih dahulu pada menit ke 12. Berawal dari clearance bola yang gagal dari Novrianto, Wawan Febrianto menyongsong bola dan melepaskan umpan terukur kepada Sansan Fauji Husaeni. Sukses menyambut umpan tersebut, Sansan berhasil membobol gawang Teja Paku Alam yang sudah mati langkah. Papan skor berubah 0-1 untuk tim tamu.

Victor Juffo Nildo, pemain anyar Semen Padang FC, berhasil menunjukkan umpan-umpan panjang dari lini tengah ke sisi sayap yang diisi oleh Irsyad Maulana dan Afriansyah. Akurasi umpan yang presisi dari Nildo memanjakan Irsyad Maulana dan Afriansyah untuk menusuk ke bagian pertahanan lawan.

Semen Padang FC menyamakan kedudukan pada menit ke 30 lewat pemain anyar lainnya, Shukurali Pulatov. Memanfaatkan bola liar hasil tendangan bebas Juffo Nildo yang berhasil diblok oleh Angga Saputro, Pulatov bergerak maju ke depan gawang, merebut bola, dan melepaskan tendangan ke gawang PS Tira yang tidak terkawal. Skor 1-1 untuk kedua tim bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama.

Selebrasi Shukurali Pulatov usai mencetak gol ke gawang PS Tira pada debutnya di sepakbola Indonesia bersama Irsyad Maulana dan Leo Guntara

Memasuki babak kedua, tim tamu mulai menurunkan tempo permainan dengan bermain “menunggu” di setengah lapangan permainan mereka. Menanggapi pola tersebut, para pemain Semen Padang FC bergerak lebih militan mencari gol untuk menyamakan kedudukan.

Pola dan skema permainan “menunggu” PS Tira tersebut berhasil membuat pemain tim tuan rumah untuk mengejar bola dan meninggalkan pos mereka. Terbukti, dengan umpan-umpan pendek, pemain-pemain asuhan Miftahudin tersebut berhasil melepaskan beberapa kali tendangan keras ke arah gawang Teja Paku Alam.

Petaka datang pada menit ke 67 bagi tim tuan rumah. Wasit menunjuk titik putih setelah sang pencetak gol bagi tuan rumah, Shukurali Pulatov, terlihat menyentuh bola di dalam kotak pinalti. Muhammad Guntur Triaji yang ditunjuk sebagai eksekutor tendangan pinalti tersebut berhasil mengecoh Teja Paku Alam, kiper baru Semen Padang FC. Papan skor kembali berganti, 1-2 untuk tim tamu.

15 menit menjelang pertandingan berakhir, lini tengah Semen Padang FC kembali tidak efektif seperti beberapa pertandingan sebelumnya di Liga 2 Indonesia yang lalu. Peran gelandang bertahan yang diemban oleh Kristof Yoku, tidak berjalan dengan mulus. Begitu juga dengan Manda Chingi dan Juffo Nildo. Kurangnya suplai bola ke lini serang, memaksa Juffo Nildo harus menjemput bola ke lini belakang untuk membangun serangan. Masuknya Rudi pada menit ke 72 menggantikan Manda Chingi juga tidak mampu merubah situasi tersebut.

Skor 1-2 bertahan hingga akhir pertandingan. Dengan hasil ini, Semen Padang FC harus bisa menang lebih dari 2 gol saat bertandang ke Stadion Pakansari, Bogor, pada leg kedua nanti yang rencananya akan digulirkan pada tanggal 2 Februari 2019.

 

Line up Semen Padang FC vs PS Tira

Semen Padang FC

12. Teja Paku Alam; 55. Muhammad Rifqi, 5. Novrianto, 3. Shukurali Pulatov; 15. Leo Guntara, 6. Fridolin Kristof Yoku, 19. Manda Chingi (72′), 20. Victor Juffo Nildo; 91. Afriansyah (61′), 88. Irsyad Maulana, 14. Riski Novriansyah;

Cadangan: 21. Rendy Oscario; 4. Syaeful Anwar; 8. Apriyogi Yunespraga, 23. Firman Septian, 31. Rosad Setiawan, 7. Rudi (72′); 10. Abdul Rahman Lestaluhu (61′);

PS Tira

1. Angga Saputro; 20. Herwin Tri Saputra, 4. Mahdi Albaar, 3. Muhammad Abduh Lestaluhu; 7. Ahmad Nufiandani (77′), 14. Izmy Yaman Hatuwe, 13. Manahati Lestusen (C), 23. Muhammad Guntur Triaji, 22. Munadi, 10. Wawan Febrianto (90+2′); 59. Sansan Fauji Husaeni;

Cadangan: 39. Syahrul Trisna Fadillah; 16. Derry Herlangga (90+2′), 2. Muhammad Kasim Slamat (77′), 21. Tanjung Sugiarto, 17. Zoubairou Garba Mountala;

 

Stadion GOR H. Agus Salim | Kick off: Jum’at, 25 Januari 2019 pukul 15:08 WIB

To Top