Sport

Semen Padang FC Tundukkan Persela Lamongan Lewat Dua Gol Karl Marx Barthelemy

Bermain di bawah teriknya cuaca Kota Padang, Liga 1 Indonesia kembali digelar dengan pertandingan antara Semen Padang FC melawan Persela Lamongan. Laga yang mempertemukan kembali Stadion H. Agus Salim dengan Nil Maizar, mantan pemain dan pelatih Semen Padang FC yang kali ini menahkodai Laskar Joko Tingkir. Pertandingan tersebut dimenangkan oleh tuan rumah dengan dua gol lewat Karl Marx Barthelemy.

5 menit pertandingan berjalan Persela Lamongan tampak dominan di lini tengah dan selalu berhasil menyerang barisan pertahanan Semen Padang FC dengan umpan-umpan pendek antar pemain. Skema ini tampak jelas ketika Alex dos Santos Goncalves melepaskan tendangan usai menerima umpan terobosan dari lini kedua Persela. Sayang tendangannya masih melebar dan memberikan tekanan kepada Teja Paku Alam.

Pendukung tuan rumah bersorak di menit ke 10. Berawal dari umpan 1-2 Karl Marx Barthelemy dengan Dedi Hartono, Dedi memberikan umpan terukur yang disambar dengan heading oleh striker asing Semen Padang FC tersebut. Bola rebound hasil sundulan yang mampu ditepis oleh Dwi Kuswanto tersebut langsung disambar kembali oleh Karl Marx Barthelemy dan sukses menjebol gawang Persela Lamongan. Papan skor berubah 1-0 untuk Semen Padang FC.

Selebrasi Karl Marx Barthelemy, Irsyad Maulana, dan Fridolin Kristof Yoku merayakan gol pembuka Semen Padang FC atas Persela Lamongan di Stadion H. Agus Salim

Tersentak dengan gol cepat tuan rumah, Persela Lamongan aktif menyerang. Pada menit ke 18, tendangan keras Rafael Oliviera dari dalam kotak pinalti Semen Padang FC masih tepat dipelukan Teja Paku Alam. Skema umpan pendek setiap memasuki barisan pertahanan Semen Padang FC kerap ditunjukkan oleh punggawa-punggawa Persela Lamongan namun masih belum ampuh untuk menerobos barisan pertahanan tim Kabau Sirah yang dikawal oleh Dedi Gusmawan, Shukurali Pulatov, M. Rifqi dan Leo Guntara.

Tidak ada peluang emas atau gol lagi tercipta menjelang wasit Yudi Nurcahya asal Jawa Barat meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama. Skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Semen Padang FC. Permainan Semen Padang FC pada babak pertama tampak lebih baik dari pertandingan-pertandingan sebelumnya.

Memasuki babak kedua, Nil Maizar langsung melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar sang kapten Persela Lamongan, Eky Taufik Febrianto, dan memasukkan Samsul Arifin. 10 menit babak kedua berjalan, Persela Lamongan mulai gencar menyerang. Mendapatkan umpang silang dari Rafael Oliviera, Malik Risadi yang sudah lepas dari kawalan bek Semen Padang FC belum bisa melepaskan tendangan yang mampu menjebol gawang Teja Paku Alam.

Gol kedua Semen Padang FC tercipta di menit ke 56. Melakukan solo run dan menerobos sisi kiri pertahanan Persela Lamongan, Karl Marx Barthelemy berhasil melepaskan tendangan ke sudut kanan gawang yang tidak mampu dijangkau oleh Dwi Kuswanto. Papan skor kembali berubah 2-0 dan membuat Persela Lamongan harus aktif mengejar defisit dua gol.

Menyadari keunggulan tim nya di papan skor, Weliansyah menginstruksikan anak asuhnya untuk menurunkan tempo permainan dan mengandalkan serangan balik cepat. Beberapa kali Malik Risaldi dan Alex dos Santos Goncalves mencoba menyerang barisan pertahanan Semen Padang FC namun peluang-peluang tersebut hanya berakhir dengan tendangan gawang.

Semen Padang FC menutup pertandingan tersebut dengan kemenangan 2-0 di Stadion H. Agus Salim. Torehan positif tersebut membuat tim Kabau Sirah meraih 10 poin dan menyapu dua laga kandang dengan hasil kedua kemenangan.

Line up Semen Padang FC vs Persela Lamongan

Semen Padang FC

Coach: Weliansyah

Jersey: Merah – Merah

12. Teja Paku Alam; 27. Dedy Gusmawan, 55. M. Rifqi (70′), 3. Shukurali Pulatov, 15. Leo Guntara; 6. Fridolin Kristof Yoku, 19. Manda Cingi, 10. Dedi Hartono (91′), 88. Irsyad Maulana (C); 9. Karl Marx Barthelemy, 14. Riski Novriansyah (83′)

Cadangan: 21. Rendy Oscario; 90. Boas Atururi (91′), 26. Roni Rosadi (70′), 44. Syaeful Anwar; 31. Rosad Setiawan, 7. Rudi (83′); 91. Afriansyah

Persela Lamongan

Coach: Nil Maizar

Jersey: Biru Dongker – Biru Dongker

33. Dwi Kuswanto; 28. Arif Satria, 30. Eky Taufik Febrianto (C) (46′), 2. Moch. Zaenuri; 11. Ahmad Subagja Baasith, 8. Kei Hirose, 77. Malik Risaldi (89′), 26. Rafael Gomes de Oliviera; 14. Ahmad Birrul Walidain, 10. Alex dos Santos Goncalves, 99. Delfin Rumbino (61′)

Cadangan: 22. Dian Agus Prasetyo; 3. Samsul Arifin (46′); 44. Achmad Arthur Sena, 72. Evander Philip Yarangga, 86. Marsel Alexander Kararbo (89′), 27. Sugeng Efendi (61′); 81. Ghifari Vaiz

 

Stadion H. Agus Salim, Padang, Sumatra Barat | Kick off: 15.30 WIB

To Top