Sport

Semen Padang pecundangi PSM Makassar di Stadion H. Agus Salim

Semen Padang berhasil mengandaskan PSM Makasra, 2-1 pada laga perdana TSC 2016

Padang, infosumbar.net – Pada laga perdana Turnamen Torabika Super Championship 2016 Semen Padang berhasil mengalahkan PSM Makasar.

Pertandingan yang berakhir dengan skor 2-1 ini berjalan menarik sejak peluit awal ditiupkan wasit Oki Dwi Putra. Semen Padang langsung melakukan serangan dari sisi kiri pertahanan PSM Makasar melalui Kapten Hengki Ardiles, namun umpan lambung yang dilepaskan tidak mampu dijadikan goal oleh penyerang Tim Kabau Sirah. Dilanjutkan dengan Sepakan Irsyad Maulana yang masih jauh dari sasaran. Semen Padang terus membombardir pertahanan PSM Makasar, alhasil pada menit ke 4’ Gol Untuk Tuan Rumah tercipta memanfaatkan bola rebound Vendry Mofu, Muhammad Nur Iskandar berhasil menjaringkan bola ke gawang Dimas Galih, Skor 1-0 untuk Semen Padang.

Setelah tim Juku Eja tertinggal, mereka mulai balik menyerang. Serangan demi serangan dilancarkan namun belum membahayakan pertahanan Semen Padang yang tampil tenang pada pertandingan ini. Protes keras sempat dilayangkan pemain PSM Makasar karena menganggap pemain Semen Padang Handsball didalam kotak penalty, namun setelah berdiskusi dengan wasit garis, pelanggaran tersebut hanya dihadiahi tendangan bebas.

Tempo pertandingan semakin tinggi, Irsyad Maulana terkapar di sisi kanan pertahanan PSM Makasar setelah berbenturan dengan lawan, beruntung masih bisa melanjutkan laga. Tidak lama berselang Riko Simanjuntak mengirimkan umpan kepada Vendry Mofu, namun tidak merubah kedudukan. Tim tamu membalas dengan serangan balik, tembakan Rizki Pelu masih melebar di sisi gawang Jandia Eka Putra & tendangan Syamsul Chairudin masih bisa diamankan oleh Kiper bernomer punggung 22 ini.

Pertandingan berjalan 38’ menit, diawali dengan skema serangan yang baik Vendry Mofu mengirimkan umpan matang kepada Marcel Sacramento, nama terakhir yang disebutkan berhasil mencetak goal skor menjadi 2-0 untuk keunggulan tuan rumah Semen Padang. Pada menit ke 40 Semen Padang nyaris menambah keuanggulan, andai Marcel Sacramento yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang bisa menceploskan bola ke dalam gawang. Pertandingan babak pertama berakhir dengan kenggulan Semen Padang 2-0 PSM Makasar.

loading...

Memasuki babak kedua, PSM Makasar langsung menguasai laga. Semen Padang lebih berhati-hati & mengandalkan serangan balik, terbukti peluang kembali tercipta lewat kaki Vendry Mofu memanfaatkan bola sodoran dari Nur Iskandar. Terlihat PSM Makasar frustasi menghadapi pertahanan Semen Padang yang tampil garang dibawah komando Handi Ramdan. Belum lagi penyerang Marcel Sacramento yang turun hingga tengah lapangan membuat pertahanan Semen Padang semakin tangguh.

Seperti pada pertengahan babak pertama, tempo pertandingan dibabak kedua kembali tinggi. Wasit mengeluarkan kartu kuning untuk Vendry Mofu, disusul Cassio Francesco & kemudian untuk M. Nur Iskandar. Menit 71’ akhirnya goal yang di tunggu PSM Makasar tercipta. Memanfaatkan kemelut di kotak penalty Semen Padang, Ferdinand Sinanga berhasil merubah skor menjadi 2-1.

Memasuki akhir pertandingan, Coach Nil Maizar melakukan pergantian pemain. Diego Messias yang bekerja keras sepanjang laga ini ditarik keluar, Rudi dimasukan untuk menambah tenaga baru di posisi gelandang bertahan. PSM semakin bernafsu untuk menyamakan skor, sisi kanan Semen Padang yang dihuni Riko Simanjuntak & Hengki Ardiles menjadi incaran. Beberapa kali, kedua pemain ini harus menjatuhkan pemain PSM & Riko Simanjuntak menerima kartu kuning karena protes keras terhadap keputusan wasit.

Menit 80’, Coach Nil Maizar menarik keluar Hengki Ardiles, Nil memasukan Mekan Nasyrov guna meredam PSM Makasar. Tak lama berselang Coach Nil juga menarik keluar Riko Simanjuntak dan memasukan Defri Rizki.

Menjelang laga usai wasit kembali mengeluarkan kartu kuning untuk Pemain Semen Padang, kali ini Irsyad Maulana yang menerima karena ada sedikit insiden dengan pemain PSM Makasar. Kemudian Rudi juga menerima kartu kuning.

Wasit meniupkan pluit panjang tanda pertandingan usai. skor 2-1 untuk kemenangan tuan rumah Semen Padang atas tamunya PSM Makasar. “Laga pertama berat, kita bersyukur bisa menang pada laga perdana. Semangat pemain luar biasa”. Ujar Coach Nil Maizar usai pertandingan. Nil Juga mempertanyakan sejumlah kartu kuning yang kurang pantas untuk pemain Semen Padang.

 

Susunan pemain kedua tim

Semen Padang:

Pelatih: Nil Maizar

22 Jandia Eka Putra; 11 Hengki Ardiles, 2 Novan Setya Sasongko, 89 Cassio Fransisco De Jesus, 4 Handi Ramdhan; 10 Vendry Mofu, 88 Irsyad Maulana, 20 Riko Simanjuntak 77 Diego Messias; 17 M. Nur Iskandar, 8 Marcel Silva Sacramento

Cadangan: 33 Rivky Mokodompit, 3 Satrio Syam, 16 Agung Prasetyo, 7 Rudi, 44 Mekan Nasyrov, 32 Defri Rizki, 26 Christhover Manuel Sibi

PSM Makassar:

Pelatih: Luciano Leandro

92 Dimas Galih Pratama; 5 Boman Irie Aime, 21 Valentino Telaubun, 2 Hendra Wijaya, 23 Jajang Maulana; 8 Syamsul Chaerudin, 22 Ardan Aras, 10 Alex Da Silva De Souza, 19 Rizky Pellu; 3 Ferdinand Sinaga, 20 Lamine Diarrasouba

Cadangan: 33 David Ariyanto, 4 Wasyiat Hasbullah, 45 Erik Setiawan, 17 Rasyid Bakrie, 27 Maldini Pali, 37 Muchlis Hadi Ning Syaifulloh, 86 Hasan Basri Lohy

Pertandingan selanjutnya Persija Jakarta vs Semen Padang, Minggu 8 Mei 2016 18:30 WIB.

Oleh: Afdal Oki Riza Ikuti di twitter @BahasoIndomi

Komentar

Trending

To Top
Loading...