Sport

Tren Positif Semen Padang FC Terhenti Saat Takluk Dari Madura United di Stadion H. Agus Salim

Semen Padang FC kembali memainkan laga yang dimulai pada pukul 16.00 WIB di Stadion H. Agus Salim usai melakoni 3 laga away beruntun dan berhasil meraih 7 poin dengan 2 kemenangan dan 1 hasil imbang. Semen Padang FC harus kehilangan Leo Guntara yang selalu mengisi line up karena akumulasi kartu kuning. Bermain dengan cuaca yang tidak terlalu terik, Semen Padang FC harus tunduk dari Madura United 1-2 lewat gol menit akhir Diego Assis Figueiredo.

10 menit berjalannya pertandingan babak pertama, Semen Padang FC menguasai permainan dengan melakukan serangan bertubi-tubi ke gawang Madura United yang dikawal oleh Muhammad Ridho. Serangan tim tuan rumah diawali dengan penguasaan bola di lini tengah oleh Yu Hyun Koo dan Flavio Beck Junior lalu mengirimkan umpan terobosan kepada Karl Marx Barthelemy, Vanderlei Francisco, atau Irsyad Maulana yang aktif melakukan penetrasi.

Flavio Beck Junior cukup aktif membangun serangan dengan menjemput bola dari lini belakang lalu membantu serangan. Beberapa kali pemain asal Brazil tersebut melepaskan tendangan keras dari luar kotak pinalti Madura United namun masih belum bisa memberikan keunggulan bagi Semen Padang FC.

Merespon tekanan yang dilakukan tim tuan rumah, Madura United melakukan serangan balik cepat yang langsung membobol Semen Padang FC. Alberto Goncalves, penyerang utama timnas Indonesia tersebut menusuk di sisi kiri pertahanan tim Kabau Sirah dan memberikan umpan kepada Diego Assis yang langsung menendang bola namun bisa ditepis oleh Teja Paku Alam. Bola rebound hasil tendangan tersebut berhasil disambar Aleksandar Rakic dan mengubah papan skor 0-1 untuk Madura United di menit ke 23.

Tertinggal oleh tim tamu, Semen Padang FC langsung mengambil inisiatif untuk membombardir barisan pertahanan lawan. Di menit ke 30, umpan panjang yang dilepaskan Dedi Hartono disambar langsung oleh Irsyad Maulana yang muncul di belakang penjagaan bek Madura United. Sayang, usaha tersebut masih belum bisa membuahkan hasil untuk tim asuhan Eduardo Almeyda karena tendangannya Irsyad masih belum tepat sasaran.

Hingga berakhirnya babak pertama, papan skor tidak lagi berubah. Skor 0-1 bertahan saat wasit Dwi Susilo asal DKI Jakarta meniup peluit tanda berakhirnya 45 menit pertama.

Karl Marx Barthelemy ekspresikan kegembiraan usai membobol gawang Madura United yang digelar di Stadion H. Agus Salim

Memasuki babak kedua pertandingan, Semen Padang FC kembali mencoba mendapatkan gol cepat. Tekanan terus diberikan kepada Madura United lewat tendangan-tendangan keras dari luar kotak pinalti. Pada menit ke 60, coach Eduardo Almeyda melakukan pergantian pemain, mengganti Yu Hyun Koo dengan Vendry Mofu untuk memperkuat lini tengah. Sebelumnya, pelatih berkewarganegaraan Portugal tersebut menarik Irsyad Maulana dan memasukkan Mariando Djonak Uropmabin.

Semen Padang FC akhirnya menyamakan kedudukan lewat gol Karl Marx Barthelemy di menit ke 75′. Gol tersebut lahir berkat kuatnya fisik saat berduel dan kecerdikan pemain andalan tim Kabau Sirah tersebut memanfaatkan clearance gagal kiper Madura United menepis tendangan Vanderlei Francisco. Papan skor berubah 1-1 dan memantik semangat kedua tim untuk kembali mencetak gol.

Pendukung tuan rumah yang sudah menantikan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan harus tertunduk lesu di menit ke 89. Diego Assis berhasil membobol gawang Teja Paku Alam memanfaatkan tendangan bebas yg diambil oleh Aleksandar Rakic. Tendangan bebas Rakic membuat Teja Paku Alam meninggalkan pos nya dan membiarkan Diego Assis menyundul bola ke gawang yang kosong. Skor 1-2 bertahan hingga pertandingan berakhir dan memutus tren positif Semen Padang FC pada lima laga sebelumnya.

 

Line up Semen Padang FC vs Madura United

Semen Padang FC
Coach: Eduardo Almeyda
Jersey: Merah – Merah

12. Teja Paku Alam; 27. Dedy Gusmawan (C), 55. M. Rifqi, 26. Roni Rosadi (74′), 44. Syaeful Anwar; 10. Dedi Hartono, 87. Flavio Beck Junior, 4. Yu Hyun Koo (61′); 9. Karl Marx Barthelemy, 88. Irsyad Maulana (46′), 99. Vanderlei Francisco

Cadangan: 24. Achmad Iqbal Bachtiar; 22. Agung Prasetyo, 13. Marko Markus Kabiay (74′); 19. Manda Cingi, 7. Rudi, 89. Vendry Mofu (61′); 78. Mariando Djonak Uropmabin (46′)

Madura United FC
Coach: Rasiman
Jersey: Biru Navy – Biru Navy

20. Muhammad Ridho; 16. Alfath Faathier, 6. Andik Rendika Rama, 28. Ante Bakmaz (12′), 23. Kadek Raditya Maheswara; 8. Diego Assis Figueiredo, 17. Syahrian Abimanyu, 35. Zulfiandi; 90. Alberto Goncalves da Costa (85′), 9. Aleksandar Rakic, 11. Greg Nwokolo (C) (77′)

Cadangan: 15. M. Ridwan; 2. Guntur Ariyadi (12′); 91. David Laly (85′), 22. Marckho Sandi Merauje; 27. Andik Vermansyah (77′), 7. Engelberd Sani, 19. Moch. Kevy Syahertian

 

Stadion H. Agus Salim, Padang, Sumatera Barat | Kick off: 16.00 WIB

To Top