Sport

Tundukkan Semen Padang FC Dua Gol Tanpa Balas, Bali United Pastikan Gelar Juara Shopee Liga 1 2019

Bali United pastikan gelar juara Shopee Liga 1 Indonesia usai mengalahkan Semen Padang FC di Stadion H. Agus Salim pada Senin, (2/12). Kemenangan ini membuat poin Bali United tidak terkejar lagi oleh Borneo FC yang pada waktu bersamaan bermain imbang 2-2 dengan PSM Makassar. Bali United mengunci gelar juara pada pekan ke-30 dan berhasil mengumpulkan 63 poin berselisih 17 poin dengan tim Pesut Etam.

Terlepas dari itu, Semen Padang FC, semakin berat menatap sisa 4 pertandingan Liga 1 Indonesia 2019 karena masih berada di dasar klasemen dengan 29 poin dari 30 pertandingan. Jarak poin yang rapat di papan degradasi membuat tim-tim yang terancam turun kasta seperti Kalteng Putera, dan Perseru Badak Lampung harus mati-matian mengamankan poin. Saat ini, Semen Padang FC hanya berjarak 2 poin dengan Kalteng Putera di posisi ke-17.

10 menit pertandingan berjalan kedua tim masih belum mempertunjukkan permainan terbaiknya. Kedua tim masih mencoba untuk menarik keluar pemain-pemain di lini belakang dan membongkar pertahanan lawan. Bali United bermain dengan umpan-umpan pendek antar pemain di lini tengah. Sedangkan Semen Padang FC masih mencoba memusatkan serangan di sisi kanan memanfaatkan kecepatan Dedi Hartono.

Semen Padang FC beberapa kali mencoba peruntungannya lewat tendangan-tendangan keras dari luar kotak pinalti. Di menit ke-21, Flavio Beck Jr melakukan tendangan keras dari luar kotak pinalti namun mampu ditepis oleh kiper Bali United dan menghasilkan tendangan pojok yang belum bisa dikonversi menjadi gol pemain-pemain lainnya.

Di menit-menit akhir babak pertama, pemain-pemain Bali United sukses menembus barisan pertahanan Semen Padang FC lewat umpan-umpan panjang yang berhasil melewati pemain bertahan tim tuan rumah. Pola serangan lewat umpan lambung tersebut masih bisa dimentahkan oleh Rendy Oscario yang berada di bawah mistar tim Kabau Sirah. Babak pertama berakhir dengan skor kacamata untuk kedua tim.

Striker Asing Semen Padang FC, Vanderlei Francisco, Berduel Dengan Salah Seorang Pemain Bertahan Bali United

Memasuki babak kedua, Semen Padang FC langsung melakukan pergantian pemain. Coach Eduardo Almeida memasukkan Manda Cingi menggantikan M. Rifqi untuk menambah daya gedor tim Kabau Sirah. 5 menit babak kedua berjalan, Ilija Spasojevic berhasil membobol Semen Padang FC memanfaatkan umpan lambung dari Yabes Roni. Heading pemain asal Montenegro tersebut tidak mampu dibendung oleh Rendy Oscario dan mengubah papan skor menjadi 0-1 untuk tim tamu.

Kedua tim silih berganti melancarkan serangan. Semen Padang FC mendapatkan banyak peluang namun masih belum bisa membobol gawang Bali United hingga menit 80 pertandingan. Karl Marx Barthelemy yang masuk menggantikan Mariando Djonak Uropmabin pun belum bisa berbuat banyak di dalam kotak pinalti Bali United.

Pada menit ke-84, pendukung tim tuan rumah kembali terdiam. Spasojevic kembali berhasil mencetak gol usai menerima umpan pendek dari Paulo Sergio dari sisi kanan pertahanan Semen Padang FC. Tendangan yang tidak begitu keras namun tepat ke sudut gawang membuat Rendy Oscario kembali harus memungut bola di dalam gawangnya.

Semen Padang FC sebenarnya berhasil membobol gawang Bali United lewat Yu Hyun Koo di menit ke-91. Namun gol tersebut dianulir oleh wasit karena pemain asal Korea Selatan tersebut sudah terjebak offside. Hingga pertandingan berakhir, tidak ada lagi gol yang tercipta. Skor 0-2 bertahan hingga wasit Thoriq M Alkatiri meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Line up Semen Padang FC v Bali United

Semen Padang FC
Coach: Eduardo Almeida
Jersey: Merah – Merah

21. Rendy Oscario; 27. Dedy Gusmawan (C), 55. Muhammad Rifqi, 44. Syaeful Anwar; 10. Dedi Hartono, 87. Falvio Beck Junior, 6. Fridolin Kristof Yoku, 15. Leo Guntara; 88. Irsyad Maulana, 78. Mariando Djonak Uropmabin, 99. Vanderlei Francisco

Cadangan: 24. Achmad Iqbal Bachtiar; 22. Agung Prasetyo, 90. Agung Prasetyo; 19. Manda Cingi, 31. Rosad Setiawan, 4. Yu Hyun Koo; 9. Karl Marx Barthelemy

Bali United
Coach: Alessandro Stefano Cugurra Rodrigues
Jersey: Putih – Putih

59. Wawan Hendrawan; 22. Dias Angga Putra, 13. Gunawan Dwi Cahyo, 24. Ricky Fajrin, 43. Willian Silva Costa Pacheco; 6. Brwa Hermat Nouri, 14. Fadil, 80. Paulo Sergio; 9. Ilija Spasojevic (C), 87. Stefano Lilipaly, 11. Yabes Roni Malaifani

Cadangan: 93. Samuel Charlheins Reimas; 5. Dallen Ramadhan Rovani Doke, 35. Haudi Abdillah; 4. Ahmad Agung Setia Budi, 18. I Kadek Agung Widnyana Putra; 26. Aldino Herdianto, 10. Irfan Haarys Bachdim

 

Stadion H. Agus Salim, Padang, Sumatra Barat | Kick off: 2 Desember 2019 Pukul 16.00 WIB

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top