Tekno & Sains

Layanan Data Meningkat Selama Idul Fitri

ilustrasi

ilustrasi

Layanan telekomunikasi pada hari raya Idul Fitri dilaporkan PT Telkomsel masih mengalami peningkatan dibandingkan hari biasa. Perangkat mobile memang biasa disukai masyarakat sewaktu merayakan hari kemenangan dan mengucapkan selamat kepada sanak saudara maupun kerabat dekat setelah melewati bulan Ramadhan.

Kenaikan dilaporkan terjadi pada H-1 hingga hari raya Lebaran. Layanan data disebutkan mengalami peningkatan paling tinggi ketika dibandingkan dengan layanan komunikasi lawas seperti SMS maupun suara.

“Adapun tingkat keberhasilan koneksi data mencapai lebih dari 99%, sementara tingkat keberhasilan pengiriman SMS mencapai lebih dari 98%. Sedangkan tingkat kesuksesan panggilan mencapai lebih dari 97% yang artinya tidak ada masalah yang berarti dan secara umum pelanggan dapat menikmati layanan dengan nyaman,” kata Adita Irawati, VP Corporate Communication Telkomsel.

Dalam keterangan resminya Telkomsel memaparkan secara gamblang trafik layanan komunikasi yang terjadi di layanan miliknya saat hari Lebaran kemarin.

Perusahaan itu menyebutkan layanan data mencatat kenaikan paling tinggi sebesar 127% menjadi 610 Terabytes. Jumlah ini meningkat dibandingkan trafik data di periode yang sama di tahun 2013. Sedangkan apabila dibandingkan dengan hari normal 2014, terdapat kenaikan sebesar 8%.

Sedangkan layanan SMS naik sebesar 9% menjadi 998 juta SMS selama sehari. Angka tersebut mengalami peningkatan dibandingkan trafik SMS di periode yang sama di tahun 2013. Sedangkan apabila dibandingkan dengan hari normal 2014, trafik SMS naik sebesar 8%.

Layanan suara di hari lebaran naik 1% menjadi 1,2 miliar menit jika dibandingkan dengan trafik percakapan di periode yang sama di tahun 2013. Sedangkan apabila dibandingkan dengan hari normal 2014, trafik SMS turun sebesar -4%.

Perusahaan layanan komunikasi bergerak yang mengaku telah memiliki 138 juta pelanggan pada akhir kuartal kedua 2014 itu mengungkap bila dibandingkan dengan tahun 2013, penggunaan layanan data di hari lebaran 2014 melonjak hingga lebih dari 127%.

Berdasarkan lokasi, Area Sumatera masih menjadi area dengan tingkat kenaikan penggunaan data tertinggi hingga lebih dari 169% menjadi 155 Terabytes, disusul dengan Area Jawa Bali dengan kenaikan hingga 156% menjadi 158 Terabytes dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2013. (liputan6)

Terbaru

To Top