Kuliner

Ayam Kanai Tangan, Kuliner Lezat Dari Payakumbuh

Ayam Kanai Tangan
Ayam Kanai Tangan Lado Ijau

Jika Dunsanak berkunjung ke Kota Payakumbuh jangan lupa mencoba dan mencicipi kuliner khas di sana. Salah satunya adalah ‘Ayam Kanai Tangan’. Namanya memang agak unik, Kanai Tangan sendiri dalam bahasa minang berarti ‘Dipukuli’ atau ‘Digebukin’.

Nama lain dari Ayam Kanai Tangan ini adalah Ayam Talangkang atau Ayam Kanai Langkang. Artinya kurang lebih sama lah dengan nama di atas.

Penamannya yang demikian sebenarnya berhubungan dengan cara memasaknya. Pertama ayam digoreng sampai agak kehitaman, tapi bukan hangus. Lalu ayam kemudian dipukul-pukul atau ‘ditokok’ dengan ulekan cabe atau ‘batu lado’ sampai remuk.

Setelah itu ayam akan dilumuri dengan cabe hijau atau merah yang dipotong kasar dan ditambah sedikit minyak. Lalu kemudian baru dihidangkan dengan nasi panas dan siap disantap.

Ayam Kanai Tangan

Kedai Nasi Ampera 5 Saudara di Pasar Kabau, Kota Payakumbuh

Kuliner Minang khas Payakumbuh yang satu ini bisa dunsanak nikmati di sebuah warung nasi kecil bernama Kedai Nasi Ampera 5 Saudara di Pasar Kabau, Kota Payakumbuh. Harganya pun sangat murah, sekali makan tanpa tambah nasi hanya Rp 10.000 saja.

loading...

Sebelum Anda mampir ke sana,  ada baiknya mengabari dulu. Biasanya Ama (Ibu yang punya warung) akan mempersiapkan hidangan khas kalau kita mengabari dulu. Selain itu keluarga ini juga melayani pesanan membuat Kerupuk Jengkol. Nomor kontaknya di 085272630169 (Edi).

Jika Anda tidak tau tempatnya bisa menanyakan ke warga di Payakumbuh lokasi Pasar Kabau Lama (Pasa Kabau Lamo). Lalu cari saja sebuah warung nasi bernama Lima Saudara. Untuk lokal guide bisa ke nomor 085263774433 (Ade Suhendra).

Komentar

Trending

To Top
Loading...