Kuliner

5 Kuliner Minang Untuk Sarapan

Kuliner Minang

Sebelum memulai aktivitas di pagi rasanya tak lengkap kalau belum sarapan pagi. Sarapan pagi sangat penting loh, bahkan ada gerakan pekan sarapan nasional. Sarapan yang baik dilakukan sebelum jam 9, atau sebelum memulai aktivitas. Sarapan yang sehat juga harus mencukupi kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin dan gizi lainnya.

Nah, berikut ini beberapa menu Kuliner Minang yang biasanya dikonsumsi untuk sarapan:

Aneka Katupek Gulai

Kuliner Minang

Salah satu Kuliner Minang yang paling banyak dikonsumsi saat sarapan adalah Katupek (ketupat) gulai. Jenis gulai yang digunakan sebagai kuah Katupek sangat beraneka ragam. Mulai dari gulai paku (pakis), gulai cubadak (nangka), gulai belimbing, kuah kacang jika dalam bentuk pical.

Baca Juga : Ayam Kanai Tangan, Kuliner Lezat Dari Payakumbuh

loading...

Bubua Kampiun

Bubua Kampiun

Bubua Kampiun

Menu kedua Kuliner Minang yang biasa dijadikan sarapan adalah bubua (bubur) kampiun. Bubur kampiun terdiri dari campuran bubur sumsum, bubua cande, kolak pisang, kolak ubi, bubua dalimo, dan sarikayo.

Bubur ini nggak cuma enak, tapi juga ada sejarahnya loh. Konon bubur ini tercipta pasca pergolakan PRRI dulu. Jadi, dulu pasca PRRI diadakanlah berbagai macam perlombaan di Bukittinggi, salah satunya lomba kreasi bubur. Adalah seorang ibu bernama Amai Zona yang terlambat datang saat lomba dan tanpa persiapan mencampurkan semua bubur yang dimilikinya.

Baca Juga : 8 Kuliner Minang Yang Namanya Merupakan Nama Daerah

Tak sangka Amai Zona pun keluar sebagai Champion, begitulah disebutkan oleh pembawa acara. Karena buburnya belum ada nama, maka Amai Zona memberi nama buburnya dengan nama Bubur Kampiun (Champion).

Lupis

Lupis juga salah satu Kuliner Minang yang jamak ditemukan dan dijual untuk sarapan pagi. Lupis terbuat dari beras ketan berbentuk segita. Penganan ini dimakan dengan taburan kelapa yang diparut lalu disiram dengan gula merah cair.

Aneka Kue dan Lapek

Lapek Bugih

Lapek Bugih

Aneka kue seperti kue talam dan lapek juga sering dijadikan menu pendamping saat sarapan. Kue Talam saat ini masih banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional.

Baca Juga : 7 Jenis Lapek Dengan Rasa Yang Kamek

Teh Talua

foto: net

Yang satu ini jangan ketinggalan saat sarapan, minuman berenergi dari Ranah Minang, Teh Talua.

Komentar

Trending

To Top
Loading...