Kuliner

Selain Diseduh, Daun Kopi Juga Digoreng di Lembah Harau

lembah harau

Selalu ada cerita soal kuliner jika kita menelusuri setiap daerah di Sumatera Barat. Saat saya dan teman-teman berkunjung ke Lembah Harau. “Kalian sudah pernah makan goreng daun kopi?” Tanya Bang Dedi waktu itu.

Tak ada satupun dari kami yang pernah mencoba daun kopi sebelumnya. Jika diseduh mungkin pernah, menjadi minuman yang disebut Kawa Daun.

Minuman ini sudah terkenal di Sumatera Barat terutama di beberapa daerah di Sumatera Barat, termasuk Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Kota.

Kawa Daun

Kawa Daun, Daun Kopi Yang Diseduh. Diminum dengan batok kelapa

Setelah menunggu beberapa menit, goreng daun kopipun terhidang di depan kami. Bagian yang digoreng merupakan daun yang masih pucuknya.

Rasanya sangat kriuk dan enak. Apalagi daun tersebut juga dicampur dengan kelapa yang diparut dan irisan bawang goreng.

Hidangan Daun Kopi Goreng ini menjadi lauk dan dimakan bersama nasi. Biasanya lauk utamanya adalah gulai nangka khas Lembah Harau.

Selain itu cabenya di sini juga berbeda yaitu dicampur dengan kelapa parut yang disangrai. Sehingga kelapa parut tersebut menjadi merah.

Goreng Daun Kopi

Datanglah ke Lembah Harau, Minum Daun Kawa dan Makan Goreng Daun Kopi. Tentu saja sambil menikmati keindahan tebing-tebing indah di Lembah Harau.

Trending

To Top