Kuliner

Teh Talua; Minuman Penambah Energi Tradisional Sumatera Barat dan Manfaatnya

Teh Talua (Teh Telur: Bahasa Indonesia) adalah salah satu minuman khas di Sumbar. Hampir semua warga Sumatera Barat, baik yang berdomili di Sumatera Barat maupun di Rantau (luar Sumatera Barat), mengenal minuman yang satu ini. Setiap pagi, Teh Talua bahkan menjadi salah satu menu sarapan yang selalu tersedia di warung-warung di Sumbar. Teh telua sangat berkhasiat untuk menambah stamina dan energi. Biasanya, para petani dan pekerja di Sumatera Barat meminum teh talua sebelum pergi bekerja.

Minuman dengan bahan dasar teh dan telur ayam kampung ini menjadi minuman favorit warga Sumatera Barat. Sekilas jika dilihat Teh Talua mirip dengan capuccino. Tapi jika diminum, cita rasa dan kenikmatannya sangat berbeda. Teh Talua dibuat dari campuran kuning telur dan gula yang dikocok hingga berbusa lalu ditambah dengan air teh dan susu kental. Rasanya? Jangan ditanya. Nikmat.

Teh Talua

Foto: Merdeka

Jika Anda wisatawan dengan tujuan Sumatera Barat, maka sempatkanlah untuk mencoba minuman Teh Talua. Dijamin akan menjadi salah satu menu favorit Anda. Bahkan kalau Dunsanak pergi ke pasar-pasar di daerah Sumbar, pagi-pagi pasti akan menemukan pegawai rumah makan atau warung yang membawa gelas-gelas teh talua yang akan diantarkan kepada para pemesan yang biasanya adalah pedagang-pedagang di pasar. Untuk di rantau, memperoleh teh talua jauh lebih sulit. Umumnya tersedia di warung-warung nasi Padang, walaupun tidak semuanya.

Selain nikmat dan merupakan menjadi minuman yang paling dicari, Teh Talua ternyata menyimpan banyak manfaat, diantaranya:

1. Penambah Stamina dan Tenaga

Teh Talua sangat bermanfaat untuk menambah stamina dan tenaga, apalagi jika seharian melakukan pekerjaan yang membutuhkan tenaga ekstra. Buat yang mau begadang atau kerja lembur, Teh Talua juga bisa sebagai suplemen agar mata melek semalaman. Daripada mengkonsumsi minuman berenergi kemasan, mending Teh Talua. Alami.

2. Mengembalikan Vitalitas Tubuh Setelah Lelah Bekerja Berat

Selain untuk menambah stamina sebelum bekerja, Teh Talua juga cocok untuk mengembalikan vitalitas tubuh, semisal sehabis sakit, setelah lelah bekerja, dengan mengkonsumsi teh talua dijamin tubuh akan fit lagi.

3. Menunda Lapar

Protein dalam telur juga dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama, jadi dengan mengkonsumsi Teh Talua konsentrasi tak akan terganggu oleh lapar.

4. Baik Untuk Mata

Di dalam kuning telur yang merupakan bahan pembuat Teh Talua terdapat zat Karotenoid. Nah, zat ini dapat menurunkan risiko penyakit age-related degeneration dan katarak. Zat ini berperan sebagai antioksidan untuk mata, melawan radikal bebas yang dapat merusak beberapa bagian pada retina

5. Kaya Vitamin

Di dalam kuning telur yang merupakan bahan pembuat Teh Talua, banyak terdapat vitamin seperti vitamin A, D, E dan K yang hanya ditemukan di kuning telur saja, tidak di putih telur.

6. Stamina Pria Dewasa

Nah buat yang sudah berumah tangga terutama pria, dianjurkan untuk mengkonsumsi Teh Talua, terutama sebelum menunaikan hubungan suami istri. Karena Teh Talua dapat menambah stamina.

Bagaimana? Kamu tertarik untuk mencoba Teh Talua? Silahkan ramaikan rumah makan atau kedai-kedai yang menyediakan Teh Talua di tempat terdekat kamu. Tapi ingat jangan berlebihan ya. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Trending

To Top