Wisata

3 Event Wisata di Sumbar Bulan Oktober 2016

Salah satu cara menikmati kekayaan budaya dan adat istiadat yang ada di Sumatera Barat adalah dengan mengikuti event wisata di sumbar yang digelar sepanjang tahun.

Memasuki bulan oktober tahun ini ada beberapa event wisata di sumbar yang cukup menarik, bahkan salah satunya event bertaraf internasional.

Berikut 3 event wisata di sumbar bulan oktober yang tidak boleh kamu lewatkan:

SIMFes (Sawahlunto Internasional Music Festival) 2016

Simfes 2016

Simfes 2016

Sawahlunto International Music Festival merupakan salah satu event tahunan Kota Sawahlunto untuk menarik wisatawan datang ke Kota Tambang tersebut.

event ini pertama kali diadakan tahun 2009 lalu dan saat ini sudah memasuki SIMFes ke-7. Setiap tahunnya musisi yang meramaikan SIMFes selalu berganti.

loading...

Tahun ini dari dalam negeri akan hadir Tantowi Yahya yang terkenal dengan music country-nya. Selain itu ada juga musisi dari Senegal yang baru saja sampai siang tadi.

Baca Juga: Dinas Pariwisata Sawahlunto Mulai Survey Danau Biru Parambahan
Baca Juga: 8 Destinasi Wisata Sumbar Yang Sebenarnya Bukan Tempat Wisata

Pesona Hoyak Tabuik 2016

Event wisata di Sumbar selanjutnya adalah Pesona Hoyak Tabuik 2016. Event tabuik sendiri merupak event tahunan yang digelar oleh Kota Pariaman sejak tahun 1970-an jauh sebelum Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman berpisah.

Tabuik merupakan salah satu event wisata budaya terbesar di Sumbar yang mampu menarik perhatian ratusan ribu wisatawan setiap tahunnya.

Bahkan warga Pariaman yang berada di perantauan rela pulang kampun untuk melihat langsung event Hoyak Tabuik. “Pariaman tadanga langang, batabuik makonyo rami”, itulah ungkapan yang disematkan kepada Pariaman.

Baca Juga: 13 Hal Yang Diingat Orang Tentang Pariaman
Baca Juga: 7 Kuliner Yang Wajib Kamu Coba Jika ke Pariaman

Tahun ini event Pesona Hoyak Tabuik telah dilaksakan dan dimulai pada tanggal 2 oktober lalu. Puncaknya yaitu Hoyak Tabuik, merupakan prosesi akhir dengan membuang Tabuik ke laut akan dilaksakan tanggal 16 oktober.

Dunsanak juga bisa menyaksikan rangkaian acara lainnya menjelang puncak perayaan Hoyak Tabuik. Jadwal lengkapnya bisa dilihat di bawah ini:

jadwal tabuik 2016

jadwal tabuik 2016

Festival Pesona Budaya Minangkabau

Dulunya Festival Pesona Budaya Minangkabau bernama Festival Pagaruyung. Pemakaian nama Festival Pagaruyung berlangsung sampai tahun lalu.

Meskipun tahun ini nama Festival Pesona Budaya Minangkabau digunakan hal ini tidak mengurangi makna dan tujuan event ini. Di Festival Pesona Budaya Minangkabau Dunsanak akan banyak mengenal kesenian-kesenian khas minang.

Beberapa budaya minang yang akan ditampilkan dalam event ini antara lain Pacu Kudo, Pacu Jawi, Randai, Pasambahan dan masih banyak lagi. Jadi jangan lewatkan event yang akan digelar 27-29 Oktober nanti.

Jadwal lengkapnya cek di sini:

Festival Pesona Budaya Minangkabau

Jadwal Festival Pesona Budaya Minangkabau

Komentar

Trending

To Top
Loading...