Wisata

5 Objek Wisata Puncak di Kabupaten Solok

Bukit Cambai
Bukit Cambai | Foto: Danu Nasution

Kabupaten Solok terkenal dengan julukan daerah penghasil beras di Sumatera Barat. Selain penghasil beras, daerah dengan pusat pemerintahan di Arosuka ini juga terkenal dengan penghasil markisa.

Selain dua hal diatas, Kabupaten Solok juga mempunyai empat buah danau dari lima danau yang ada di Sumatera Barat diantaranya danau Singkarak, danau di Atas, danau di Bawah dan juga danau Talang yang ada di kaki Gunung Talang atau Gunung Selasih.

Di Kabupaten yang berdiri tanggal 9 April 1913, juga terdapat kebun teh yang menurut penelitian, kualitas teh yang dihasilkan adalah terbaik di dunia.

Namun tahukah kamu, bahwa di Kabupaten Solok juga terdapat puncak-puncak yang view nya sangat menarik untuk dikunjungi.

Melalui media sosial, puncak-puncak ini sangat cepat dikenal oleh netizen, hingga netizen tertarik untuk mengunjunginya. Berikut empat objek wisata puncak yang ada di Kabupaten Solok:

loading...

1. Puncak Tombong atau Puncak “Happy”

Puncak Tombong atau Puncak Happy

Puncak Tombong atau Puncak Happy | Foto: Afdalil Zikri

Mengapa dinamakan puncak Tombong? Menurut informasi yang dihimpun dari masyarakat sekitar, karena puncak ini terletak di Bukit Tombong di Nagari Koto Laweh, Kecamatan IX Koto, Kabupaten Solok.

Namun masyarakat sekitar atau para pengunjung lebih tahu dengan nama puncak Happy, karena menurut pengakuan pemuda setempat, untuk membuat puncak ini lebih terkenal. Selain nama yang agak kekinian, para pecandu selfie lebih mudah mempromosikan objek wisata ini.

Tinggi puncak ini sekitar 300 m dari jalan raya, setiba di puncak kamu akan menikmati pemandangan yang sangat menarik. Pemandangan berkelok jalan lintas Sumatera, Kecamatan Sungai Lasi secara keseluruhan, Kota Solok dan sebagian daerah Kabupaten Solok.

Kamu tertarik kesini? Akses ke puncak ini sangat mudah, bisa dengan kendaraan sampai setengah perjalanan lalu mendaki sekitar 200 meter untuk sampai di puncak.

2. Puncak Batu Galeh Sulit Air

Puncak Batu Galeh

Puncak Batu Galeh | Foto: Afdalil Zikri

Baru-baru ini pegiat wisata Kabupaten Solok mempromosikan objek wisata Puncak Batu Galeh di Sulit Air, Kabupaten Solok. Sebenarnya puncak ini sudah lama dikenal warga sekitar tapi karena kurang promosi maka puncak ini tidak begitu terkenal.

Dinamakan Batu Galeh karena di puncak ini akan didapati batu seperti lipatan kain. Menurut legenda masyarakat sekitar, lipatan kain itu adalah galeh (dagangan dalam bahasa Indonesia) hasil jualan seorang pemuda yang dagangannya sangat laris.

Akibat larisnya dagangan ini, hingga ia lupa diri dan menjadi anak durhaka hingga dikutuk menjadi batu dengan barang dagangannya oleh ibunya. Cerita ini mirip legenda Malin Kundang. Tapi boleh percaya atau tidak, batu di puncak ini memang mirip lipatan kain dan jantung manusia.

Kalau kamu mau mengunjungi puncak ini, kamu bisa mencapainya dengan sepeda motor dengan sedikit jalan berlubang. Disini kamu akan menikmati dengan jelas pemandangan empat gunung yaitu Gunung Marapi, Gunung Singgalang, Gunung Sago dan Gunung Talang dan Nagari Sulit Air secara keseluruhan.

3. Puncak Gagoan

Puncak Gagoan

Neng jangan loncat Neng | Sumber Foto

Gagoan yang namanya berasal dari bahasa Minang “gagok” yang artinya “gagap” atau gamang (takut jatuh). Puncak Gagoan terletak di nagari Paninggahan Kecamatan Junjung Sirih Kabupaten Solok.

Puncak ini memiliki keindahan alam yang unik dengan batuan karangnya dan pemandangan hutan yang asri serta pesona Danau Singkarak.

Puncak Gagoan memiliki jarak sekitar 40 km dari Arosuka Ibukota Kabupaten Solok atau sekitar 78 km dari Kota Padang. Dalam perjalanan menuju Puncak Gagoan kamu akan disuguhkan dengan pemandangan rumput hijau yang menghiasi bukit Gagoan.

Kamu tertarik atau sudah pernah berkunjung kesini?

4. Puncak Bukit Cambai

Bukit Cambai

Bukit Cambai | Sumber Foto

Puncak Bukit Cambai ini terletak di Nagari Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Saat ini sedang dibangun jenjang menuju puncak bukit cambai.

Puncak bukit cambai tepat diatas danau dibawah. Kalau cuaca cerah maka di puncak bukit cambai kamu akan melihat pesona 4 danau, yaitu danau diatas, danau dibawah, danau singkarak dan danau talang di kaki gunung talang.

Pemerintah Kabupaten Solok telah memprioritaskan objek wisata ini untuk dikembangkan menjadi objek wisata. Belum lama ini, Gubernur Sumatera Barat telah sampai ke Puncak ini melalui event Trabas untuk mempromosikan puncak ini.

5. Puncak Gobah

 

A photo posted by SUMBAR (@infosumbar) on


Puncak Gobah juga merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Solok. Puncak Gobah terletak di ketinggian nagari Aripan, Kabupaten Solok.

Di Puncak Gobah kita bisa melihat langsung hamparan Danau Singkarak dan menikmati hembusan angin yang sejuk. Selain itu di Puncak Gobah ini juga terdapat rumah pohon untuk taman bunga.

Itulah 5 puncak di Kabupaten Solok yang saat ini sedang ramai dikunjungi. Ayo berkunjung ke Kabupaten Solok!!!

Penulis: Afdalil Zikri, warga Alahan Panjang Kabupaten Solok
Editor: @superemenn

Komentar

Trending

To Top
Loading...