Wisata

7 Tips Untuk Kamu Sebelum Berangkat Jalan-jalan Pada Liburan Lebaran Ini

kelok 44

Waktu libur lebaran selalu menjadi waktu terbaik untuk melakukan travelling atau jalan-jalan ke daerah yang baru atau ke daerah yang menjadi masuk daftar perjalanan kamu. Mau perjalanan kamu menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum, harus selalu ada persiapan dong. Persiapan yang harus kamu siapkan agar perjalanan kamu tidak terganggu oleh hal-hal yang seharusnya sudah bisa kamu tanggulangi. Persiapan seperti apa yang harus kamu siapkan sebelum kamu melakukan perjalanan tersebut, marilah cek beberapa hal dibawah ini

1. Cek Kondisi Kendaraan

Jika kamu melakukan perjalanan dengan kendaraan bermotor, mau itu roda dua atau roda empat, selalu cek bahan bakar, kondisi mesin, ban (termasuk serap) dan lainnya guna menghindari masalah selama perjalanan. Jika kamu melakukan perjalanan menggunakan angkutan umum seperti bus atau travel, selalu sarankan kepada pihak penyedia jasa untuk check dan recheck kondisi kendaraannya.

2. Berangkat Lebih Pagi

Wih, berangkatnya besok nih? Jalan jam berapa ya begusnya?” Pertanyaan seperti kalimat sebelumnya selalu melintas di benak saat akan berangkat berliburan. Dikarenakan tidak hanya kamu yang ingin menikmati masa libur lebaran ini, maka kamu juga harus cerdas juga dong dalam menentukan waktu keberangkatan perjalanan. Triknya adalah berangkatlah lebih pagi guna menghindari kemacetan karena makin siang arus lalu lintas semakin padat. Untuk estimasi perjalanan empat sampai dengan tujuh jam, akan jauh lebih aman dan efisien jika kamu berangkat pada waktu Shubuh atau kira-kira pukul 5 atau 6 pagi.

3. Berdoa

Jangan pernah sia-siakan kekuatan doa, guys! Dengan berdoa, kamu akan merasa lebih aman, tentram, sakinah, mawaddah, dan warahmah dalam melalukan perjalanan. Ingat, jangan lupa berdoa baik sebelum berangkat, selama perjalanan, dan setelah sampai tujuan.

4. Antisipasi Cuaca

Cuaca selalu menjadi perhatian tersendiri jika kamu akan melalukan perjalanan. Selalu perhatian cuaca sebelum berangkat dan selalu siapkan peralatan untuk mengatasi perubahan cuaca. Mantel bagi pengendara kendaraan roda dua contohnya. Kelihatannya sih receh, tapi bakal penting banget jika nanti kamu kehujanan di jalan. Untuk mengetahui bagaimana keadaan cuaca, kamu bisa mengunduh beberapa aplikasi yang tersedia di App Store dan Google PlayStore untuk dapat diakses pada gadget kamu.

5. Destinasi Perjalanan

Ini yang paling penting. Kamu harus tahu dulu kemana kamu akan pergi. Jangan biasakan untuk berangkat tanpa persiapan dan tanpa tujuan yang pasti. Segala sesuatu yang gak pasti itu gak enak. Menjalin hubungan salah satunya. Eh, gimana?. Balik lagi, pastikan destinasi yang dituju, jangan jalan dulu baru nyari tau. Untuk berjaga-jaga, install juga beberapa aplikasi yang menunjukkan traffic atau keadaan lalu lintas.

6. Obat-obatan Pribadi

Jalanan itu keras! Jadi kamu yang memiliki masalah kesehatan, gak usah sok kuat deh kalau berlibur sama gebetan. Persiapkan obat-obatan pribadi dan P3K untuk keamanan dan keadaan darurat. Sebagai contoh, jika kamu orangnya gampang masuk angin, selalu persiapkan obat penolak masuk angin di dalam tas kamu.

7. Bawa Uang Lebih

Kamu kan liburan nih, pasti pengen beli oleh-oleh dan makan-makan di tempat tujuan kamu, dong. Jangan lupa uang lebih untuk membeli oleh-oleh dan kuliner. Gak mungkin dong kamu liburan tapi kamu masih nahan-nahan hasrat buat belanja? Come on, guys. Maka dari itu, nabung dulu sebelum jalan-jalan biar afdhol.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

To Top