Wisata

Air Terjun Tansi Ampek, Tempat Seru Untuk Berkemah

Air Terjun Tansi Ampek
Dokumentasi Kemah Bersama dengan Komisaris Utama Semen Padang di Air Terjun Tansi Ampek | Foto: Nofrins

Solok Selatan menyimpan banyak keindahan alam, salah satunya Air Terjun Tansi Ampek yang berada di Sungai Lambai. Air terjun indah ini masih berada dalam kawasan perkebunan PT Mitra Kerinci.

Air Terjun Tansi Ampek

Tenda Kemah di Air Terjun Tansi Ampek | Foto: Nofrins

Salah satu kegiatan seru yang bisa dilakukan di Air Terjun Tansi Ampek adalah berkemah. Seperti yang dilakukan oleh Pakar Hukum Tata Negara dan juga Komut PT Semen Padang, Prof. Saldi Isra pada Sabtu dan Minggu 1-2 Okt 2016 lalu. Beliau berkemah bersama Anggota DPRD SolSel, SKPD SolSel, Sekber PA, KFSS, Media, Para Pegiat Wisata dan ditemani masyarakat sekitar.

Ditemani gemuruhnya suara air terjun dua tingkat yang dahsyat itu, belum lagi ditambah nyanyian suara alam dan satwa-satwa langka, bersantai dan main domino (gaplek) disana terasa luar biasa.

Baca Juga: Air Terjun Kembar, Mutiara Tersembunyi Solok Selatan
Baca Juga: Legenda Batu Bangkai di Solok Selatan, Kisah Lain Si Anak Durhaka

“Banyak tempat yg saya datangi. Namun air terjun dua tingkat yg memiliki kolam sangat luas dan sangat indah ini hanya saya temui di sini. Jadi jagalah keaslian area ini”, ujar Prof. Saldi Isra.

loading...

Air Terjun Tansi Ampek punya catatan SEJARAH penting di Indonesia dan bagi Pekayak Internasional. Pada tahun 2009 bule dari Afrika Selatan melakukan penerjunan dengan Kayak/Canoe di sini. Dan itu adalah penerjunan Kayak pertama di Indonesia kata Mas Toto, Pekayak Senior dr Probolinggo.

Penerjunan kayak dari Air Terjun Tansi Ampek memang memungkinkan karena kolam air tepat di bawah jatunya air terjun tersebut cukup dalam.

Baca Juga: Tidur di Rumah Adat Minang? Yuk Datang Kawasan Saribu Rumah Gadang
Baca Juga: Masjid Kurang Aso Anam Puluah, Masjid Bersejarah Nan Unik di Solok Selatan

Selain kemah dan olahraga kayak, makan bersama yang dihidangkan di atas DAUN PISANG akan jadi pengalaman tak terlupakan bagi yang belum pernah mencoba.

Air Terjun Tansi Ampek

Makan Bersama yag dihidangkan di atas daun di Air Terjun Tansi Ampek | Foto: Nofrins

Duduk menyuap nasi dan ngambil lauk pauk sembari rebutan dan senggol-senggolan kiri kanan kita, punya sensasi dan kesan tersendiri lagi nantinya.

Suasana tersebut akan semakin sempurna jika tersaji kesenian musik tradisionil seperti Rabab, Saluang, Bansi, dan lainnya. Semua itu akan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah Anda lupakan.

Jarak Air Terjun Tansi Ampek dari parkir mobil hanya sekitar 150 meter saja. Tapi sampai akhir tahun ini, jalan berbatu di dlm Kebun Teh Liki, hanya bisa dilalui oleh mobil sejenis Kijang atau double gardan ke atas. Dengan motor juga tidak bisa ngebut kecuali motor trail atau trabas. Tahun 2017, jalan menuju Tansi Ampek akan diaspal oleh Pemda Solok Selatan. Semoga. (Nofrins/IS)

Komentar

Trending

To Top
Loading...