Wisata

Festival Langkisau Perkenalkan Pariwisata Pesisir Selatan ke Seluruh Dunia

Festival Langkisau
Pembukaan Festival Langkisau 2016 | Foto: FB Febri Anes

Hari ini event Festival Langkisau 2016 resmi dibuka dan akan berlangsung sampai tanggal 22 April 2016 nanti. Festival Langkisau tahun ini adalah Festival Langkisau ke-14 setelah digelar pertama kali pada tahun 2003 dalam rangka merayakan hari jadi Kabupaten Pesisir Selatan.

“Festival ini udah yang ke-14 kali. Jadi Festival Langkisau pertama dalam rangka memeriahkan ulang tahun Kabupaten Pesisir Selatan, kita sandingkan. Juga sebagai wadah dalam melestarikan nilai adat dan budaya lokal yang dimiliki masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan,” kata Kadisparekraf Pesisir Selatan, Gunawan seperti dikutip dari detik.com.

Festival Langkisau ke-14 tahun ini dibuka langsung oleh Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar PersonalKementerian Pariwisata Raseno Arya. Dalam pembukaan tersebut juga ditampilkan beberapa kesenian daerah seperti Tari Pasambahan dan Tari Bacamin Muko yang merupakan tarian dari Pesisir Selatan.

Dalam event Festival Langkisau kali ini Pemkab Pesisir Selatan memang banyak menampilkan berbagai kesenian dan budaya daerah. Selain itu ada juga olahraga rakyat dan pameran produk umkm dan kerajinan asli dari Pesisir Selatan. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan Pesisir Selatan dengan segala potensi wisatanya, keragaman budayanya dan hasil kerajinannya ke seluruh nusantara dan kepada dunia internasional. Hal itu dipertegas oleh Kadisparekraf Pesisir Selatan, Gunawan.

“Misi yang pertama acara ini ialah mempromosikan wisata ke wisatawan, dalam maupun luar. Oleh karena itu diselenggarakan di destinasi pariwisata prioritas yaitu Pantai Carocok,” kata Gunawan seperti ditulis oleh kompas.com.

Beberapa kesenian dan perlombaan yang akan digelar selama Festival Langkisau 2016 ini antara lain lomba randai, debus dan rabab pasisie, serta lomba renang di laut lepas, selaju sampan dan serta lomba burung kicau. Lomba Burung Kicau adalah lomba yang baru dimasukkan ke dalam agenda Festival Langkisau tahun ini. Sementara itu Lomba Paralayang untuk tahun ini ditiadakan.

Untuk lomba Selaju Sampan di Festival Langkisau tahun ini diikuti oleh 33 peserta dari tingkat provinsi. Dan peserta selaju sampan akan adu cepat dalam jarak tempuh 800 meter untuk memperebutkan hadiah mulai dari 7 juta rupiah hingga 10 juta rupiah.

Di hari pertama Festival Langkisau langsung dibuka dengan acara pawai budaya dari daerah-daerah yang ada di Pesisir Selatan. Selain dimeriahkan oleh berbagai lomba dalam Festival Langkisau ini juga diadakan pameran sebanyak 150 stan yang terdiri dari pemerintahan, masyarakat serta pelaku umkm di Pesisir Selatan.

Hingga 7 hari ke depan masih akan banyak lagi kegiatan yang akan digelar dalam Festival Langkisau 2016 yang akan sangat sayang jika dilewatkan. Bagi Dunsanak yang ingin menikmati liburan di hari minggu atau ingin menikmati keindahan pesona Pesisir Selatan silahkan datang dan saksikan langsung Festival Langkisau 2016.

Pesisir Selatan, Negeri Sejuta Pesona.

Terbaru

To Top