Sumbar

Penambahan Positif Covid-19 di Sumbar Kembali Sentuh Angka 200

covid-19

Tim Percepatan Penangan Covid-19 Sumatera Barat kembali melaporkan perkembangan terkini covid-19. Berdasarkan laporan yang dirilis tanggal 27 September 2020 pukul 21.00 WIB, penambahan kasus positif harian di Sumbar kembali menyentuh angka 200 orang.

Penambahan kasus positif harian di Sumbar belakangan memang selalu di atas angka 200, bahkan sempat mencapai 295 dalam satu hari pada tanggal 24 september 2020.

Di satu sisi diketahuinya para pasien positif melalui testing ini membuat pemerintah dan tim penanganan covid-19 di Sumbar bisa segera melakukan isolasi, treatmen dan pelacakan untuk kemudian memutus mata rantai penyebaran.

Selain tambahan kasus positif sejumlah pasien di Sumbar juga sembuh dari covid-19. Berdasarkan data yang dirilis tanggal 27 September terdapat 68 pasien covid-19 di Sumbar yang sembuh. Mereka telah melalui tes swab dengan hasil negatif dua kali berturut-turut.

Data lain yang perlu juga dicermati adalah kasus pasien meninggal dunia. Sejak tanggal 12 september 2020 sampai dengan 27 september 2020 selalu terdapat tambahan pasien meningga. Tanggal 27 kemarin terdapat 5 pasien meninggal dunia yang tersebar di 5 daerah.

Berikut datanya:

1. Pria 71 th, warga Tanah Garam Kota Solok, pasien RSUP Dr. M. Djamil.

2. Pria 47 th, warga Pariaman Tangah Kota Pariaman, PNS, diduga terpapar dari pekerjaan, pasien RSUD Pariaman.

3. Pria 56 th, warga Lb. Aluang Kab. Padang Pariaman, ASN, diketahui dari hasil skrining, pasien RSUD Pariaman.

4. Pria 69 th, warga Gantiang Kota Padang, kontak erat dengan kasus konfirmasi, meninggal dunia tanggal 25 September 2020, pasien Puskesmas Andalas.

5. Pria 57 th, warga Harau Kab. Limopuluah Kota, Polri, sebagai suspek, meninggal dunia tanggal 24 Septemmber 2020, pasien RSUD Padang Panjang.

Baca Juga : 100 Orang Meninggal Karena Covid-19 di Sumbar

Selain itu kondisi terbaru pada masing-masing Kabupaten/Kota di Sumbar juga mengalami perubahan. Untuk Zona Merah saat ini hanya tinggal Kota Padang, sedangkan Kabupaten Agam yang sebelumnya juga zona merah mengalami perbaikan menjadi zona orange.

Sejumlah daerah juga kondisinya bertambah buruk, terhitung dua daerah yang sebelumnya berada di zona kuning berubah menjadi orange. Berikut kondisi Kabupaten/Kota di Sumbar berdasarkan kategori zona:

Zona Merah (Zona Resiko Tinggi, 1 Daerah)

1. Kota Padang

Zona Oranye (Zona Resiko Sedang, 12 daerah)

1. Kota Padang Panjang

2. Kota Bukittinggi

3. Kota Solok

4. Kota Sawahlunto

5. Kota Pariaman

6. Kabupaten Padang Pariaman

7. Kabupaten Agam

8. Kabupaten Lima Puluh Kota

9. Kabupaten Solok

10. Kabupaten Sijunjung

11. Kabupaten Pesisir Selatan

12. Kabupaten Solok Selatan

Zona Kuning (Zona Resiko Rendah, 6 daerah)

1. Kota Payakumbuh

2. Kabupaten Pasaman

3. Kabupaten Tanah Datar

4. Kabupaten Kepulauan Mentawai

5. Kabupaten Pasaman Barat

6. Kabupaten Dharmasraya

Penyebaran covid-19 di Sumbar masih tinggi, untuk itu penting bagi masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas yaitu dengan Mencuci Tangan, Menjaga Jarak dan Memakai masker.

Sumber Data : sumbarprov.go.id

Trending

To Top